Content: / /

2018, Lumajang Akan Tingkatkan Daya Saing Daerah Melalui Program Prioritas

Politik Dan Pemerintahan

04 Januari 2018
2018, Lumajang Akan Tingkatkan Daya Saing Daerah Melalui Program Prioritas

Nugroho Dwi Atomoko, Kepala Bappeda Kabupaten Lumajang

Lumajang (lumajangsatu.com) - Melalui pembahasan bersama,ekskutif dan legisltif maka tema pembanguan tahun 2018 "Meningkatkan daya saing daerah melalui peningkatan layanan kesehatan, pendidikan dan infrstrukutur". Peningkatan daya saing untuk lebih meningkatkan pertumbuhan ekonomi Lumajang, termasuk fokos pada pertanian dan industri pertanian dalam bentuk bahan jadi.

"Kita ingin hasil pertanian kita tidak hanya dijual dalam bentuk barang mentah saja, namun bisa diolah menjadi barang jadi atau setengah jadi untuk peningkatan perekonomianw arga Lumajang," ujar Nugroho Dwi Atomoko, Kepala Bappeda Kabupaten Lumajang, Kamis (04/01/2018).

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, APBN dan APBD tidak bisa mencukupi kebutuhan masyarakat, hanya sekitar 10-15 persen saja yang bisa terpenuhi. Oleh sebab itu, investasi dari dunia usaha dan peran masyarakat sangat dibutuhkan guna mendongkrak perteumbuhan ekonomi dan APBD fokus pada sektor tertentu sebagai stimulan saja.

"APBD kita ini tidak bisa memenuhi 100 persen kebutuhan masyarakat, hanya sekitar 10-15 persen saja. Maka program APBD harus prioritas agar bisa fokus, sedangkan sisanya dari peran serta masyarakat dan investasi dunia usaha," terangnya.

Saat ini, sudah ada beberpa desa yang berjalan bdan usaha milik desa (BUMDes) yang diharapkan jadi motor pengegrak ekonpmi desa. Jika setuiap desa bisa memenuhi kebutuhan didessanya maka pertumbuhan ekonomi Kabupaten Lumajang akan cepat.

"Ada beebrpa BUMDesa yang sudah berjalan, itu seleras sekali dengan program pemeirntah yang ingin membangun ekonomi dari pinggiran yakni desa," pungkasnya.(Yd/red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi