Content: / /

5 Ton Kedelai Akan Dibuat Tahu dan Diberikan Gratis, Ayo Datang ke Lapangan Kunir Kidul

Gaya Hidup

29 September 2017
5 Ton Kedelai Akan Dibuat Tahu dan Diberikan Gratis, Ayo Datang ke Lapangan Kunir Kidul

Warga sedang membuat tahu di lapangan Desa Kunir Kidul

Lumajang (lumajangsatu.com) - Warga Kunir Kidul bahu membahu menyiapkan acara festival banjir tahu. Sabtu malam Munggu (30/09), gunungan raksasa yang terbuat dari tahu akan diarak dari balai desa hingga lapangan Desa Kunir Kidul.

Hasyim Nawawi, Kades Kunir Kidul menyatakan untuk tumpeng raksasa membutuhkan 180 kg kedelai. Setelah diolah, tahu yang dihasilkan mencapai 10 ribu lebih dan akan diberikan secara gratis kepada warga yang datang. "Setelah diarak mulai jam 18.00 wib sampai selesai, tumpeng tahu akan diberikan kepada warga yang datang, baik dari Kunir Kidul atau warga yang lain," ujar Hasyim, Jum'at (29/09/2017).

Sedangkan total tahu yang akan dibuat dan diberikan kepada warga yang datang menghabiskan 5 ton kedelai. Hal itu sesuai dengan produksi tahu setiap hari yang dijual oleh warga Kunir Kidul.

"Jadi ada 5 ton kedelai yang akan dibuat tahu dan diberikan secara gratis kepada masyarakat yang datang. Bagi yang tidak ada acara kami undang bermalam Minggu di lapangan Kunir Kidul," jelasnya.

Tak hanya menampilkan produk olahan tahu, ada sejumlah kerajinan yang juga dippamerkan dalam acara festival banjir tahu. Seperti kerajinan anyaman bambu, batik, pandai besi dan sejumlah kerajinan yang lainnya.

"Ada banyak UMKM yang dipamerkan saat acara festival banjir tahu. Kita berharap Kunir Kidul akan jadi desa mandiri dibidang ekonomi," pungkasnya. (Yd/red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi