Content: / /

Ada 2 TPS Didalam Lapas Lumajang

Politik Dan Pemerintahan

12 April 2019
Ada 2 TPS Didalam Lapas Lumajang

Ngobi Bareng KPU Lumajang.

Lumajang  (lumajangsatu.com) - Warga binaan Lapas Kelas II B Lumajang tetap bisa menggunakan hak suaranya pada Pemilu mendatang. Bahkan didalam Lapas akan ada 2 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang didirikan.

Dua TPS harus didirikan mengingat jumlah warga binaan yang sangat banyak. Sehingga jumlah pemilih didalam lapas dapat dibagi di 2 TPS yang ada.

"TPS didalam Lapas termasuk TPS terkonsentrasi," kata Muhammad Ridhol Mujib, Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM KPU saat Ngopi Bareng jelang Masa Tenang Pemilu, Jumat (12/4/2019).

Sementara untuk anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) direkrut dari personil didalam lapas. Karena tidak ada aturan teknis terkait itu.

"Karena di TPS dalam Lapas gak seribet TPS reguler," jelasnya.

Kemudian juga melihat beberapa pertimbangan lainnya. Diantaranya soal keamanan. "Kalau orang luar, khawatir tidak paham karakter warga binaan," ucapnya.

Namun untuk saksi, tetap dibolehkan masuk kesana sesuai dengan prosedur yang ada. "Meksipun ini TPS khusus, tetap saksi boleh masuk kesana. Memantau pelaksanaan di TPS," ujarnya. (nr/ls/red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi