Content: / /

Ada 5 Kuburan Muslim Tanpa Nama di "Bujuk Sentono" Banyuputih Kidul

Gaya Hidup

29 Oktober 2018

Jatiroto (lumajangsatu.com) - Dibawah pohon "Sopen" tanpa nama di Pemakaman Umum "Bujuk Sentono" juga ada 5 buah kuburan tanpa identitas di Dusun Kambengan Desa Banyuputih Kidul Kecamatan Jatiroto.

Anehnya, kuburan muslim ini berada diantara bekas bangunan kuno ditumpukan batu bata. Warga juga menyebutnya Bujuk Sentono, atau tokoh Desa dahulu kala zaman kerajaan Lamajang.

BACA JUGA : Kisah Mistis Pohon "Sopen" Tanpa Nama di Banyuputih Kidul - Lumajang

Dari beberapa cerita, 5 kuburan ini dari penelusuran mata batin orang pintar adalah para punggawa kerajaan Lamajang. Sebelum jadi pemakaman umum, Buju Sentono adalah kawasan tempat istirahat para pedagang dan punggawa kerajaan melintasi sungai Bondoyudo.

"Ya orang sakti," jelas Tomin salah satu warga ditemui lumajangsatu.com.

Dia mengaku mendapat cerita dari sesepuh desa dan orang pintar yang kerap mendatangi 5 kuburan itu. "Katanya orang islam, khan keraaan Lamajang dikenal banyak muslimnya dulu," cerita dia.

Sekitar pemakaman ada juga kuburan yang nisannya sebuah umpak batu rumah kuno. Entah milik siapa, karena tidak ada nisan diumpak batu.

BACA JUGA : Pendaki Cantik Kegum Keindahan Ranu Kumbolo

Bahkan, ada satu kuburan dengan nisan kayu dipinggir sungai Bondoyudo. Jika ke makam "Bujuk Sentono" bagi yang tidak biasa akan merasakan bulu kuduk merinding.

"Ya, memang sedikit seram dan angker, tapi kalau sudah biasa, ya biasa," jelas Tomin. (ls/red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi