Content: / /

Airi 200 Hektar Sawah, Dam Sungai di Desa Purorejo Dibangun

Ekonomi

12 Mei 2018
Airi 200 Hektar Sawah, Dam Sungai di Desa Purorejo Dibangun

Pembanguan Dam Sungai di Kecamatan Tempursari

Lumajang (lumajangsatu.com) - Petani Kecamatan Tempursari di Desa Purorejo dan Tempurejo bisa bernafas lega. Pasalnya, pemerintah membangun Dam Sowang untuk mengairi 200 hektar sawah milik para petani.

Imam Muzani, salah seoarng warga Tempursari menyatakan Dam Sowang jebol karena diterjang banjir. Akhirnya, ratusan hektar sawah petani menunggu air hujan untuk bisa ditanami padi.

"Dulu Dam Sowang jebol karena diterjang banjir. Akhirnya sawah-sawah milik petani tidak bisa diairi dengan maksimal dan harus menunggu saat musim hujan," ujar Muzani, Sabtu (12/05/2018).

Pembangunan Dam Sowang berawal saat ada kunjungan Bupati Lumajang As'at Malik. Warga meminta agar dam yang jebol itu bisa dibangun, agar sawah milik petani bisa ditanami padi saat musim kemarau.

"Saat itu pak Bupati ke Tempursari dan warga meminta agar Dam Sowang bisa dibangun. Akhinya direalisasikan pada tahun anggran 2018," jelasnya.

Saat ini, sudah dilakukan pembukaan jalur irigasi agar air lebih mudah sampai kesawah warga. "Sudah ada alat beratnya dan nanti akan dibangun juga irigasi ke sawah para petani," pungkasnya.(Yd/red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi