Content: / /

Aktivis Laskar Hijau Laporkan ke Polisi Pengrusakan Hutan Lindung Lereng Lemongan

Peristiwa

29 April 2017
Aktivis Laskar Hijau Laporkan ke Polisi Pengrusakan Hutan Lindung Lereng Lemongan

Hutan Lindung di lereng Lemongan membara karena dibakar oknum tak bertanggung jawab

Lumajang (lumajangsatu.com) - Sejumlah aktivis lingkungan Laskar Hijau mendatangi Polres Lumajang didampingi Polsek Klakah. Para aktivis melaporkan dugaan pengrusakan hutan lindung di kaki lereng Lemongan oleh sejumlah oknum warga.

"Hutan lindung yang dijarah warga kurang lebih ada sekitar 800 hektar untuk sekarang ini, modusnya mereka menyemprotkan rondap (obat pengering tanaman) ke tanaman termasuk ke tanaman konservasi kita berupa bamboo dan kayu berbuah mereka babat dan membakar," ujar Hilal Hakim, salah seorang aktivis saat di Polres, Sabtu (29/04/2017).

Para warga termotivasi merambah hutan karena adanya gerakan yang yang menyebut tanah hutan itu bisa disertifikatkan. Saat ini yang berjalan di masyarakat masih akte dengan biaya yang harus warga bayar itu sekitar 5 sampai 6 juta rupiah perhektar.

"Selain tanaman endemik lereng Lemongan yang sangat kami sayangkan tanaman buah dan konservasi jenis bambo juha habis dibabat dan di bakar," jelasnya.

AKP Tinton Yuda Riambodo SIK, Kasatreskrim Polres Lumajang mengaku akan memebrikan atensi atas laporan Laskar Hijau. Jika memenuhi unsur, maka polisi akan mengambil tindakan tegas.

"Kami diperintah pak Kapolres agar memberikan atensi atas laporan Laskar Hijau, jika memenuhi unsur pasti kita tindak," pungkasnya.(Yd/red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi