Content: / /

Ambil Langkah Cepat, Bupati Lumajang Pantau Langsung Kondisi Dam Kali Asem Yang Jebol

Politik Dan Pemerintahan

09 Oktober 2017
Ambil Langkah Cepat, Bupati Lumajang Pantau Langsung Kondisi Dam Kali Asem Yang Jebol

As'at Malik Bupati Lumajang memantau langsung kondisi dam Kali Asem yang jebol diterjang banjir

Lumajang (lumajangsatu.com) - Akibat hujan deras yang turun Sabtu malam (07/10) mengakibatkan dam (tanggul) sungai Kali Asem yang membelah kota Lumajang jebol. Bahkan, sejumlah rumah warga tepat berada dibibir sungai dan rawan ambrol.

Pemkab Lumajang langsung mengambil langkah cepat dengan mempersiapkan penanganan jangka pendek dan jangka panjang. Melalui Badan Penanggulangan Bencan Daerah (BPBD) langsung membuat surat kepada Bupati Lumajang tentang bencana.

"Pak Bupati kemarin langsung melihat kondisi tanggul yang jebol dan memerintahkan agar segera dilakukan penanganan jangka pendek dan jangka panjang," ujar Dony Fembrianto, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Lumajang, Senin (09/10/2017).

Langkah awal dilakukan dengan pemasangan penahan dari sak-sak yang diisi pasir. Kemudian pembuatan geronjong penahan tanggul oleh UPT DPU Pengairan Provinsi dan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Lumajang. Sedangkan penanganan permanen dianggarkan tahun 2018 mendatang.

"Jebolnya tanggul ini berdampak pada lahan pertanian di Lumajang. Oleh sebab itu, Pemerintah langsung mengambil respon cepat dalam melakukan penanganan," tuturnya.

As'at Malik, Bupati Lumajang mengajak masyarakat bijak dalam menjaga sungai sebagai sumber kehidupan. Sungai bukan tempat sampah sehingga jangan sampai sungai dijadikan pembangunan sampah yang akan mengakibatkan banjir saat turun hujan.

"Kalau kita mau menjaga alam, maka alam akan bersahabat kepada kita. Jangan sampai sungai dijadikan pembuangan sampah karena saat hujan sampah-sampah itu akan jadi biang banjir," pungkasnya.(Yd/red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi