Content: / /

Angin Kencang, Kebakaran Semak-semak di Bromo Merembet ke B 29 Lumajang

Peristiwa

12 September 2017
Angin Kencang, Kebakaran Semak-semak di Bromo Merembet ke B 29 Lumajang

Kebakaran melanda kawassan B 29 Desa Argosari Kebupaten Lumajang

Lumajang (lumajangsatu.com) - Musim kemarau yang melanda beberapa bulan terkahir membuat semak-semak dikawasan Bromo Tengger Semeru (BTS) mengering. Entah karena faktor alam atau ada yang membakar, Senin (11/09) terjadi kebakaran hebat semak-semak diwilayah lautan pasir dan mulai menuju Lumajang kawasan B 29.

Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) langsung menerjunkan tim untuk memantau arah pergerakan api. Karena masuk wilayah Lumajang yakni dari arah Jantur tim dari BPBD, Muspika, TNI, Polri dan masyarakat langsung melakukan upaya pemadaman secara manual.

"Kita lakukan pemantauan ternyata api dengan cepat masuk wilayah Lumajang di B 29, kita langsung melakukan pemadaman dengan cara manual menggunkan ranting-ranting pohon," ujar Wawan, Komandan TRC BPBD Lumajang, Selasa (12/09/2017).

Setelah melakukan upaya keras, api akhinya tidak masuk lebih banyak ke wilayah Lumajang. Tim kemudian membuat skat dengan membersihkan sejumlah semak-semak yang mengering akibat musim kemarau.

"Tadi malam sudah padam, tapi kita tetap standby bersama masyarakat untuk antisipasi api kembali masuk kearah Lumajang. Kita juga sudah membuat skat dengan membesihkan semak-semak yang kering," jelasnya.

Dari inforasi yang dihimpun, kebakaran yang meliputi kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) yakni Lumajang, Pasuruan, Probolinggo dan Malang sekitar 80 hektar. Hingga kini, masih terlihat 4 titik api, namun sudah menjauh dari kawasan Lumajang.(Yd/red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi