Content: / /

Atasi Kris Air Bersih, Warga Jenggrong Salurkan Pipa dari Desa Sombo

Politik Dan Pemerintahan

19 Oktober 2017
Atasi Kris Air Bersih, Warga Jenggrong Salurkan Pipa dari Desa Sombo

Air mengalir di Desa Jenggrong dengan pemasangan pipa dari Sombo

Lumajang (lumajangsatu.com) - Pemeirntah Kabupaten Lumajang terus melakukan upaya mengatasi persolan krisis air bersih di Lumajang utara. Dengan menggandeng PMI, 1.000 lebih pipa disumbangkan utuk warga Jenggrong Kecamatan Ranuyoso.

Warga kemudian bergotong royong membuat saluran air dari Desa Sombo dengan menggunakan sistem grafitasi. Hasilnya memuaskan, 3 dusun di Desa Jenggrong bisa memanfaatkan tandon air yang bersumber dari pipa tersebut.

"PMI menyumbang 1.000 lebih pipa atau sekitar 7 km dan kita ambil dari sumber di Desa Sombo," ujar Paryono, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daetah (BPBD) Kabupaten Lumajang, Kamis (19/10/2017).

BPBD kemudian membuat tandon air untuk menampung air dan warga bisa mengambil air tesebut. Kondisi air juga sangat besar dan jernih, sehingga bisa memenuhi kebutuhan air bersih warga Jenggrong.

As'at Malik, Bupati Lumajang meminta kepada warga ikut menjaga pipa air agar tidak rusak atau dirusak. Pemerintah juga terus berupaya mengatasi persolan krisis air bersih di Kabupaten Lumajang secara berkala.

"Saya minta warga ikut menjaga pipa itu, jangan sampai rusak atau ada yang merusak. Sebab jika rusak maka yang rugi adalah warga karena harus mengambil air cukup jauh," pungkasnya.(Yd/red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi