Content: / /

Ayo.. ! Ramaikan Festival Jharan Kencak Harjalu ke-762 Tahun

Gaya Hidup

23 November 2017
Ayo.. ! Ramaikan Festival Jharan Kencak Harjalu ke-762 Tahun

Seniman Jharan Kencak sedang melakukan atraksi kuda berdiri

Lumajang (lumajangsatu.com) - Festival Jaran Kencak dalam memperingati Hari Jadi Lumajang (Harjalu) ke-762 tahun, Minggu 26 Nopember 2017. 180 kuda mantan dan kuda Kencak akan melakukan atraksi dari Alun-alun hingga Gor Wirabhakti Lumajang.

"Festival Kuda Kencak akan digelar hari Minggu besok, jam 13.00 wib dari Alun-alun dan finish di Gor Wirabhakti Lumajang," ujar Indrijanto, Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang, Kamis (23/11/2017).

Festival yang digelar Setiap tahun merupakan penghargaan kepada para seniman kuda Kencak yang ada di Lumajang. Terlebih lagi, kuda Kencak sudah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda asli Lumajang oleh Pemerintah.

"Kita ingin terus mengenalkan Jharan Kencak sebagai warisan budaya asli Lumajang dan telah ditetapkan oleh pemerintah Pusat," jelasnya.

A'ak Abdullah Al-Kudus, Koordinator Paguyuban Kuda Kencak menyatakan bahwa setiap grup akan melakukan atraksi di Alun-alun. Nantinya, masyarakat bisa naik dan berfoto dengan kuda Kencak disepanjang jalan dengan memberikan uang seiklasnya kepada para seniman Kuda Kencak.

"Nanti ada atraksi Kuda Kencak di Alun-alun dan sepanjang jalan warga bisa berfoto atau naik kuda manten dengan membayar sejumlah uang kepada pemilik kudanya," pungkasnya. (Yd/red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi