Content: / /

Bagian Penting Pariwisata, HPI Lumajang Resmi Dilantik

Gaya Hidup

04 Agustus 2018
Bagian Penting Pariwisata, HPI Lumajang Resmi Dilantik

Pelantikan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kabupaten Lumajang

Lumajang (lumajangsatu.com) - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Provinsi Jawa Timur resmi melantik kepengurusan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Lumajang Periode 2018-2023. Zainul Arifin, diberi mandat untuk memimpin HPI Kabupaten Lumajang.

Nazarudin Priyantono, Ketua DPD HPI Provinsi Jawa Timur menyampaikan, bahwa pelantikan yang baru saja digelar tersebut merupakan sebuah tuntutan bagi pengembangan pariwisata di Provinsi Jawa Timur, khususnya Lumajang. Sebagai pembina, sekaligus penasehat di DPD HPI Provinsi Jawa Timur menganjurkan untuk membentuk DPC HPI di tiap masing-masing Kabupaten Kota, salah satunya Lumajang.
HPI Lumajang
"Karena ini baru untuk Kota Lumajang. Jadi, baru dibentuk dan baru dilantik pengurusnya tadi. Nah, kalau sudah berjalan, nantinya akan dilakukan musyawarah cabang (muscab) dan rapat kerja (raker) kepengurusan. Karena, itu tuntutan di AD ART-nya," kata Nazarudin, usai melantik pengurus DPC HPI Kota Lumajang, di Biting Mega Wisata (BMW) Sukodono-Lumajang (04/08/2018).

Lanjut Nazarudin, jika melihat UU Pariwisata Nomor 10 Tahun 1990, bahwa salah satu stakeholder pariwisata itu ialah dengan terbentuknya Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), dan Association Of The Indonesian Tours And Travel Aggencies(ASITA).

Namun, sekarang sudah berkembang sesuai instruksi kementrian dan peraturan daerah (Perda), yang masing-masing Kabupaten Kota membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Asosiasi Industri Kreatif dan Pelaku Usaha (ASIPA), Asosiasi pelaku pariwisata Indonesia (ASPPI), desa wisata, dan lain sebagainya.

"Tapi, kalau kami di undang-undangnya sudah jelas. HPI, PHRI, dan ASITA sudah ada di undang-undang pariwisata," paparnya.

Drs. H. As'at M.Ag, Bupati Lumajang dalam sambutannya meminta agar HPI profesional dalam melayani para wisatawan yang datang ke Lumajang. HPI adalah bagian penting dalam memajukan wisata Lumajang. Jika wisatawan merasa nyaman, pasti akan bercerita tentang hal positif tentang Lumajang.

"Saya berpesan agar HPI bisa profesional dalam melayani wisatawan yang datang ke Lumajang. HPI adalah bagian penting dalam membangun industri wisata di Kabupaten Lumajang," pungkasnya.(In/red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi