Content: / /

Banjir, Puluhan Hektar Lahan Pertanian Desa Darungan Terancam Gagal Panen

Peristiwa

11 April 2017
Banjir, Puluhan Hektar Lahan Pertanian Desa Darungan Terancam Gagal Panen

Padi terendam air di Desa Darungan Kecamatan Yosowilangun

Lumajang(lumajangsatu.com)- Banjir luapan sungai Cilek di Desa Darungan Kecamatan Yosowilangun, pada Sabtu (08/04) lalu, diketahui juga merendam tiga puluh hektar lahan pertanian warga, hingga mengakibatkan sejumlah tanaman warga terancam gagal panen.

"Kurang lebih ada sekitar 30 hektar mas yang terendam, sebab mayoritas lahan pertanian disana berada dalam dataran rendah," ungkap Agus Budianto, Pelaksana Tugas BPBD Lumajang saat dikonfirmasi melalui telepon, Selasa (11/04/17).

Ketinggian air yang variatif, mulai dari 30 hingga 50 cm mengakibatkan sejumlah tanaman warga tergenang, bahkan tak sedikit yang tanaman yang siap panen tenggelam.

"Ada tanaman cabe, padi, tomat dan tebu juga terendam mas, sebab curah hujannya masih cukup tinggi disini," ungkap Supriyanto, Kepala Desa Darungan.

Jika air tak kunjung surut, dan masih menggenangi tanaman warga, diperkirakan dalam dua hari kedepan akan banyak tanaman yang milik warga yang rusak dan membusuk yang mengakibatkan gagal panen.

Sebelumnya, akibat diguyur hujan lebat, sungai cilek yang berada di Desa Darungan, Kecamatan Yosowilangun meluap ke permukiman warga dan lahan pertanian. (Mad/red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi