Content: / /

Bukti 90 Ribu, Bawaslu Segera Investigasi Temuan Politik Uang di Pronojiwo

Politik Dan Pemerintahan

20 April 2019
Bukti 90 Ribu, Bawaslu Segera Investigasi Temuan Politik Uang di Pronojiwo

H. Yunus, Komisioner Bawaslu Kabupaten Lumajang

Lumajang (lumajangsatu.com) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lumajang akan mulai lakukan investigasi temuan politik uang (money politik) di Desa/Pronojiwo pekan depan. Dalam temuan itu, barang bukti yang diamankan sebesar Rp 90 ribu.

Barang bukti yang didapat dari pelaku itu dimasukkan dalam 3 amplop. Masing-masing amplop berisi Rp 30 ribu. Amplop itu akan dibagikan, namun digagalkan oleh warga dan melaporkan kejadian tersebut.

"Setelah kita pastikan laporan itu, ternyata memenuhi unsur. Ada saksi, ada barang bukti, dan pelakunya,” kata M. Yunus, Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Lumajang, Sabtu (20/4/2019).

Kejadian politik uang ini terjadi sebelum waktu pencoblosan, Minggu (14/4) malam. Namun laporan secara resmi diproses dan ditangani oleh Bawaslu pada Kamis (18/4).

Untuk memcahkan temuan ini, pihak Bawaslu baru akan melakukan investigasi pada pekan depan. "Karena kita masih fokus dulu di pemungutan suara dan juga rekap suara,” ujar Yunus.

Bawaslu akan memeriksa 1 pelaku yang terlaporkan tersebut. Kemudian juga 3 orang saksi. Sementara siapa caleg dibalik politik uang ini, Bawaslu masih enggan menyebutkan. "Kita belum investigasi, jadi belum tahu siapa calegnya," ujar dia.

Bawaslu akan menangani temuan ini paling lama 14 hari kerja sesuai dengan aturan Pemilu. Berbeda dengan Pilkada yang harus diselesaikan dalam kurun waktu 7 hari. (Nr/ls/red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi