Content: / /

Bunda Indah Ajak Pimpinan OPD Meningkatkan IPM Seperti Durian Gencono

Pendidikan Dan Kesehatan

06 Maret 2019
Bunda Indah Ajak Pimpinan OPD Meningkatkan IPM Seperti Durian Gencono

Pemaparan untuk meningkatkan IPM Kabupaten Lumajang. ( foto humas for lumajangsatu.com)

Lumajang (lumajangsatu.com) - Wakil Bupati Lumajang,  Indah Amperawati yang populer dipanggil Bunda Indah meminta pimpinan OPD mencari solusi terhadap rendahnya Indeks Pembangunan Manusia. Hal itu, disampaikan saat memberikan arahan kepada para pimpinan OPD pada Forum OPD dalam rangka klarifikasi dan penyelerasan usulan program/ kegiatan pembangunan daerah di Ruang Rapat Narariya Kirana, Lantai 3 Kantor Bupati. Rabu (6/3/2019) pagi.

Dalam kesempatan itu, Wabup memaparkan kondisi masyarakat Lumajang berdasarkan data yang masuk. Dia mengungkapkan rendahnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kab. Lumajang. Bahkan, menurutnya, IPM Kab. Lumajang berada di ketiga terbawah, atau berada di nomer urut 36 dari 38 daerah di Jawa Timur.

"Sedikitnya ada tiga sektor berkait dengan IPM, yaitu, pembangunan sektor Pendidikan; Kesehatan; dan Pertanian.," ungkap Bunda saat memberikan paparan sebenarnya, sebagai penggugah, agar pimpinan OPD mencari solusi yang tepat.

"OPD harus punya gambaran. Harus punya program untuk mengajukan usulan program kegiatan sebagai solusi terhadap kondisi tersebut," ujar Wabup.

Wabup meminta agar para Kepala OPD benar-benar memaksimalkan potensi usulan lrogram sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing.

Wabup mengambil contoh potensi buah durian. Seperti halnya durian yang ada di Gencono, itu enak sekali. " saya kira Disperta perlu menandai mana pohon-pohon duren yang memiliki kualitas super untuk dibudidayakan," ungkapnya.

Di sisi lain, Wabup sempat mengungkapkan kondisi Indeks Partisipasi Murni dan Partisipasi Kasar Masyarakat dalam pendidikan. Sejauh ini, tingkat partisipasi pendidikan masyarakat, masih relatif rendah.

Sementara itu, Kepala Bappeda  Lumajang, Nugroho Dwi Atmoko, melaporkan, saat ini Musrenbang semua usulannya sudah menggunakan E-Musrenbang. Ia menjelaskan, forum OPD tersebut bertujuan untuk memastikan dan menyelaraskan antara usulan yang sudah ada di e-musrenbang dan kewenangan di masing-masing OPD.

Ia berharap pelaksanaan Musrenbang dapat melahirkan program-program yang lebih berkualitas."Semoga musrenbang pada 2020 menjadi lebih berkualitas, dan mampu merumuskan program-program sesuai dengan usulan masing-masing OPD, dan aspirasi masyarakat," harapnya. (hm/ls/red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi