Content: / /

Bupati As'at Sambangi Korban Angin Puting Beliung di Karangsari

Politik Dan Pemerintahan

18 Desember 2017
Bupati As'at Sambangi Korban Angin Puting Beliung di Karangsari

Bupati As'at saat melihat kondisi rumah yang rusak karena angin puting beliung

Lumajang (lumajangsatu.com) - Bupati Lumajang, Drs. H. As’at, M. Ag., menyempatkan turun lanngsung bersama Sekretaris Daerah, Drs. Gawat Sudarmanto, meninjau korban bencana angin puting beliung di Desa Karangsari Kecamatan Sukodono, Minggu (17/12).

Sejak Sabtu siang, Lumajang diguyur hujan cukup deras beserta angin kencang di beberapa titik.

Beberapa rumah warga di Desa Karangsari, Kecamatan Sukodono, diterjang angin puting beliung beserta hujan deras. Mendengar hal itu, Bupati Lumajang, Drs. As’at, M.Ag., segera meninjau ke rumah warga yang menjadi korban.

Bupati menghimbau kepada masyarakat agar selalu hati-hati di musim penghujan yang disertai angin besar yang sudah merusak beberapa rumah. Mencintai alam dan lingkungan penting bagi masyarakat untuk meminimalisir adanya bencana alam.

Di samping meninjau beberapa rumah yang rusak, Bupati berkesempatan memberikan bantuan uang santunan kepada korban yang rumahnya rusak diterjang angin puting beliung. Sekitar 7 (tujuh) rumah, rusak terkena dampak angin puting beliung di desa terseut.

"Kita harus menjaga alam, karena timbulnya bencana karena kerusakan yang ditimbulkan oleh ulah manusia," jelas Bupati.

Kerusakan terjadi pada atap rumah, yang mana kebanyakan atap rumah warga yang terkena dampak angin puting beliung dari asbes dan genteng. Bencana alam tersebut tidak memakan korban jiwa, namun diperkirakan total kerugian mencapai kurang lebih 15 juta rupiah.

Menurut warga sekitar, Terjangan angina Putting Beliung itu terjadi Sabtu sekitar pukul 14.00-15.00 WIB. Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC PB) BPBD Kabupaten Lumajang dibantu oleh kepolisian, TNI, dan warga sekitar dengan sigap melakukan pembersihan lokasi bencana.

BPBD Kabupaten Lumajang juga memberikan bantuan darurat berupa terpal, makanan siap saji, dan lauk pauk. Tak hany itu, warga sekitar yang merupakan tetangga beberapa korban angin puting beliung secara sukarela memberikan bantuan, salah satunya genteng rumah. (Red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi