Content: / /

Bupati Lumajang Diskusi Soal Pendidikan dan Ekonomi Syariah di IAI Syarifuddin

Pendidikan Dan Kesehatan

09 Januari 2019
Bupati Lumajang Diskusi Soal Pendidikan dan Ekonomi Syariah di IAI Syarifuddin

Bupati Lumajang bersama citivitas IAI Syarifudin Lumajang.

Lumajang (lumajangsatu.com) - Institut Agama Islam  (IAI) Syarifudin Lumajang menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan Pemerintah Kab. Lumajang, Selasa (08/01/19). FGD tersebut dipusatkan di ruang Rektor Kampus IAI Syarifudin, Desa Wonorejo, Kecamatan Kedungjajang. FGD tersebut diikuti oleh Rektor IAI Syarifudin dan unsur civitas akademika IAI Syarifudin.

Bupati Lumajang, H. Thoriqul Haq, M.ML., menyampaikan, bahwa forum ini merupakan wadah untuk saling mengelola fikir tentang kebijakan dan strategi, terkait dengan Rancangan Program yang sama-sama mendapatkan manfaat, antara IAI Syarifudin dengan Pemerintah Daerah.

"Agar setiap rencana program yang akan dilakukan dapat diselaraskan antara IAI Syarifudin dengan Pemerintah  Lumajang. Sehingga kebijakan dan strategi yang akan dilakukan, nantinya bisa berhasil secara maksimal," ujarnya.

Cak Thoriq ingin Pemerintah punya standart yang baik tentang arah kebijakan pendidikan dan pengelolaan pembiayaan syariah. Menurutnya, pembiayaan syariah adalah nilai yang paripurna.

"Untuk itu, saya berharap, pemerintah berperan aktif dalam peningkatan perekonomian melalui pembiayaan syariah, karena secara sistem, pembiayaan Syariah itu, benar, bisa menjadi keputusan," ujarnya.

IAI Syarifudindiharapkan Bupati dapat melaksanakan pembinaan untuk pengelolaan Bank Syariah yang praktisnya betul betul memiliki pembiayaan syariah berdasarkan persetujuan atau kesepakatan antara bank dengan pihak yang dibiayai. Harapannya, usaha yang akan dilaksanakan bisa berhasil.

"Ini bisa menjadi langkah awal untuk berpola fikir mengangkat perekonomian pada IAI Syarifudin," jelas Bupati.

Sementara itu, Rektor IAI Syarifudin, KH. Mohammad Adnan Syarif, Lc, M.A., menyampaikan, bahwa digelarnya FGD tersebut, adalah untuk mendorong Fakultas IAI Syarifudin terus berkembang dan tidak tertinggal dari Perguruan Tinggi lainnya. "Kampus IAI harus bisa memberikan sumbangsih pada masyarakat dan pemerintah kedepannya," paparnya.

Pada kesempatan itu, ada paparan terkait dengan rencana Program Pemberdayaan dan Partisipasi Masyarakat serta Peningkatan Ideologi agama dan peningkatan keagamaan. Dijelaskan, bahwa Institut IAI Syarifudin mempunyai beberapa Fakultas, yakni Fakultas Tarbiyah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam. (hms/ls/red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi