Content: / /

Cetak Pendekar Pena, PMII STAIBU Gelar Pelatihan Jurnalistik

Citizen Jurnalism

16 Februari 2019
Cetak Pendekar Pena, PMII STAIBU Gelar Pelatihan Jurnalistik

Pelatihan jurnalistik oleh PK PMII STABU Lumajang

Lumajang (lumajangsatu.com) - Pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia STAI Bustanul Ulum (PK-PMII STAIBU) telah sukses menggelar pelatihan jurnalistik dengan mengusung tema "Satu Goresan, Sejuta Perubahan", Sabtu (16/2/2019). Pelatihan ini merupakan kegiatan yang sangat dibutuhkan oleh kader PMII STAIBU mengingat pentingnya literasi bagi mahasiswa lebih-lebih menulis.

Kegiatan diikuti oleh 28 peserta berlangsung dari jam 09.00 s/d 15.00 WIB, dimulai dengan materi dasar jurnalistik, kode etik hingga teknik menulis berita yang dinarasumberi oleh Qomarudin Hamdi alumni Radar Semeru, Rokhmad dari Indosiar dan Nur Hadi Wicaksono dari Trans7.

"Tujuannya untuk memberikan bekal dan pengetahuan kepada peserta tentang bagaimana cara menulis yang baik dan benar sesuai dengan kaidah bahasa indonesia" ujar Fahmi Idris selaku ketua pelaksana.

Ketua Komisariat PMII STAIBU, Ahmad Taufiq Hidayatullah berpesan bahwa pasca dari pelatihan ini, seluruh peserta wajib menjadi produsen berita, tidak melulu menjadi konsumen berita. "Kalau dulu mulutmu harimaumu, tapi sekarang tulisanmu harimaumu. Jadi pahami prosesnya maka kalian akan bisa," tegasnya.

Dengan menjalin kerjasama dengan Lumajangsatu dan LTN NU Kab Lumajang, kegiatan yang bertempat di Ruang Micro Teaching STAI Bustanul Ulum ini diharapkan dapat berperan aktif dalam memberikan manfaat kepada masyarakat lewat tulisan-tulisan.

Tidak berhenti disitu, sebelum pelatihan berakhir, peserta diberikan penugasan yang harus mereka kirimkan ke email para narasumber. Tujuannya adalah untuk melihat sejauh mana pemahaman mereka terkait materi yang sudah mereka dapatkan selama 6 jam tersebut. Nantinya, kegiatan ini diharapkan bisa berkelanjutan dalam bentuk follow up.(Red)

Jurnalis Warga : Ahmad Taufiq PK PMII STAIBU

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi