Content: / /

Digerus Banjir, Benteng Bersejarah Kerajaan Lamajang Ambrol

Gaya Hidup

27 Februari 2018
Digerus Banjir, Benteng Bersejarah Kerajaan Lamajang Ambrol

Kondisi Benteng Kerajaan Lamajang Tigang Juru Situs Biting

Lumajang (lumajangsatu.com) - Pengungakan alias bastion (menara pengintai) benteng kerajaan Lamajang Tigang Juru ambrol. Pasalnya, hujan deras yang mengakibatkan banjir disungai Bondoyudo, mengikis dinding benteng yang memiliki sejarah yang besar bagi Lumajang dan Nusantara.

Plt. Bupati Lumajang dr. Buntaran S, langsung melihat kondisi benteng kerajaan Lamajang di Dusun Biting Desa Kutorenon Kecamtan Sukodono, hari Senin (26/02). Ditemani kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Deni Rohman AP, Plt memandang perlu mengambil langkah untuk menyelamatan sejarah Lumajang itu.

"Kita akan ambil langkah penanganan agar bukti sejarah Lumajang itu tidak hilang," ujar Buntaran kepada sejumlah media.

Bagi Buntaran, keberadaan benteng Lamajang tidak bisa dinilai dengan uang karena nilai sejarahnya sangat kuat. Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPU-TR) akan melakukan kajian untuk melindungi benteng tersebut agar tidak digerus air lagi.

"Kita minta DPU-TR untuk mengambil langkah apa yang bisa dilakukan oleh Pemeirntah Daerah untuk menyelamatan benteng bersejarah itu," paparnya.

Semnatara itu, Deni Rohman AP, menyatakan akan melakukan koordinasi dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulang sebagai lembaga yang menangani di zona Jawa Timur. "Kita akan lakukan koordinasi dengan BPCB Trowulan-Mojokerto, tentang apa yang bisa dilakukan daerah untuk bisa menyelamatan situs bersejarah Benteng Kerajaan Lamajang Tigang Juru," pungkasnya.(Yd/red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi