Content: / /

Dooor...! Roket Jatuh Ditengah Kebun Pepaya di Desa Bago-Pasirian

Peristiwa

24 Januari 2018
Dooor...! Roket Jatuh Ditengah Kebun Pepaya di Desa Bago-Pasirian

Bangkai roket yang nyasar dan jatuh dikebun milik warga

Lumajang (lumajangsatu.com) - Diduga kesalahan teknis, sebuah roket RH-122b milik PT. Pindad jatuh ke lahan warga saat uji coba. Meski tidak ada korban jiwa, namun insiden ini menyisakan ketakutan bagi warga, sebab lokasi jatuhnya roket terdapat beberapa warga yang tengah berkebun.

Roket jatuh di lahan milik warga bernama Sulihadi (43) di Desa Bago Kecamatan Pasirian. Petugas dari TNI saat ini sudah mengevakuasi bangkai roket untuk kepentingan penyelidikan. Petugas juga melakukan pengamanan agar lokasi jatuhnya roket tidak dikerumuni warga.

Sio, Kepala Dusun Rekesan Desa Bago menyatakan, warga mendengar suara gemuru dari arah barat dan semakin dekat. Tak lama kemudian, terdengar ledakan keras yang berasal dari suara tersebut.

"Saat itu saya dijalan, terdengar suara seperti pesawat terus terdengar bunyi ledakan," ujar Sio kepada sejumlah wartawan, Rabu (24/01/2018).
 
Kejadian jatuhnya roket milik PT. Pindat tidak sampai menimbulkan korban jiwa, hanya beberapa pohon pepaya ditahan warga patah. Sejumlah warga yang sedang memanen cabai berada sekitar 100 meter dari lokasi jatuhnya roket hanya kaget dengan kejadian tersebut.
"Saya kira pesawat jatuh mas, soalnya ledakannya sangat keras. Kita kaget sekali. Untuk tidak mengenai kami mas, kalau ke utara sedikit pasti melayang nyawa kita bertiga," jelas Musrifah salah seorang warga.

Saat ini, TNI sedang melakukan uji coba roket RH-122b, konsorsium dari PT Pindat dan tenaga ahli dari Lapan dan ITB.  Roket tersebut sudah dibawa oleh pihak TNI dan perusahaan Alusista untuk kepentingan evaluasi produk.(Mad/red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi