Content: / /

Garda SMAGA Gelar Pelatihan Kreasi Mading di LKSA Izzatul Jannah

Citizen Jurnalism

14 Mei 2018
Garda SMAGA Gelar Pelatihan Kreasi Mading di LKSA Izzatul Jannah

Pelatihan Kreasi Majalah Dinding (Mading)

Lumajang (lumajangsatu.com) - Puluhan anak-anak Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Izzatul Jannah, Desa Dawuhan Lor, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Lumajang mengikuti Pelatihan Kreasi Majalah Dinding (Mading), Jum'at (11/05).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh SMAGA Research EDucation and Art (GARDA) menghadirkan pemateri Arifanti Rahayu, S.Pd Pembina Garda sekaligus Guru Bahasa Indonesia.

Selain memberikan penjelasan tentang kreasi mading, pemateri dan para anggota Garda juga mengajak adik-adik LKSA Izzatul Jannah untuk langsung mempraktikkannya.

Pelatihan tersebut bertujuan agar siswi yang tinggal di LKSA Izzatul Jannah mempunyai pemahaman, pengetahuan, kreasi dan inovasi dalam mengembangkan majalah dinding. Selain itu, dapat dijadikan sebagai media informasi yang sederhana di lingkungatingga Izzatul Jannah.

Ustadz Syamsul Shodiqin selaku pengasuh LKSA Izzatul Jannah menyampaikan rasa bangganya serta memberikan apresiasi dan terima kasih kepada SMA Negeri 3 Lumajang yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut dan memberikan bantuan 2 mading kepada lembaga kami.

Menurut beliau, kegiatan tersebut sangat penting dan berguna bagi anak-anak LKSA Izzatul Jannah untuk mengasah dan mengajarkan mereka menulis dengan baik dan lebih banyak membaca untuk menambah pengetahuan kemudian ide-idenya dituangkan pada majalah dinding.

"Kami sangat bangga serta memberikan apresiasi serta berterima kasih kepada SMA Negeri 3 Lumajang yang selama ini terus mendidik siswa-siswinya untuk peduli kepada sesama," terangnya.

Sementara itu Arifanti Rahayu, S.Pd mengatakan program bantuan mading dan pelatihan kreasi mading merupakan agenda Garda melalui program sekolah Smaga In Save Our Nation (SSON) dibawah Naungan Badan Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh (BAZIS) Smaga.

"Garda Smaga harus memberikan kontribusi positif kepada masyarakat karena saya yakin dengan kegiatan sosial semacam ini akan memberikan pembelajaran kepada siswa-siswi semaga untuk peduli dengan lingkungan sekitar apalagi dukungan sekolah mengenai kegiatan sosial sangat luar biasa dalam rangka membentuk karakter dan menumbuhkan jiwa sosial siswi-siswinya" terang Guru Bahasa Indonesia tersebut.

Dalam pelatihan yang berlangsung kurang lebih tiga jam ini, adik-adik LKSA Izzatul Jannah berhasil membuat karya untuk mengisi mading. Masing-masing anak mencurahkan ide yang ditulis pada kertas lipat, mereka ada yang menulis pantun, puisi, kaligrafi, cerpen, kata-kata motivasi, tips, informasi-informasi ringan, bahkan cerita tentang kegiatan LKSA Izzatul Jannah.

Para peserta tampak antusias mengikuti pelatihan ini. Mereka berlomba-lomba menciptakan karya terbaiknya dengan memanfaatkan kertas lipat, koran bekas, majalah dll.

"Saya sangat senang sekali mengikuti pelatihan ini selain dapat mencurahkan ide dalam bentuk tulisan juga dapat mengetahui bagaimana cara berkreasi agar mading tampak bagus dan menarik" ujar Fatimatus Jahroh siswi kelas VII SMP Negeri 2 Sukodono tersebut.

Arshelia Anggun Ketua Garda juga mengungkapkan senang sekali anggota Garda dapat saling berbagi ilmu sehingga ilmu yang kami dapat di ekstrakurikuler Garda dapat diaplikasikan kepada masyarakat khususnya adik-adik di LKSA.(Red)

Jurnalis Warga : Yopi Aris W

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi