Content: / /

Hari Putri Lestari Kunjungi Sang Ratu Talas Mbote Semeru

Politik Dan Pemerintahan

22 Januari 2019
Hari Putri Lestari Kunjungi Sang Ratu Talas Mbote Semeru

Hari Putri Lestari saat bersama Mbak Yah Sang Ratu Talas Mbote Semeru di Kecamatan Senduro Lumajang

Lumajang (lumajangsatu.com) - Hari Putri Lestari (HPL) Wakil ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur berkunjung ke Sang Ratu Talas Semeru di Senduro. HPL juga melihat kebun talas di lereng Semeru yang kini menjadi salah satu penggerak ekonomi warga sekitar.

Hari Putri sangat bangga dengan keberadaan perempun-perempun hebat di Lumajang seperti Siti Khoiriyah (Mbak Yah) yang disebut sebagai Sang Ratu Talas. Sebab, dari keuletannya selama 17 tahun, tanaman talas mbote yang tidak berharga kini menjadi penghasil uang.

"Saya bertemu dengan wanita hebat Mbak Yah, beliau 17 tahun bergelut menjadi penjual talas," ujar HPL kepada lumajangsatu.com.

HPL juga sangat kagum karena bisnis yang digeluti Mbak Yah tidak hanya bisnis murni. Namun, ada sisi pemberdayaan ekonomi kerakyatan yang dilakukan oleh Mbak Yah dengan terjun langsung mengajari para petani mananam talas.

"Binaannya bukan hanya di Lumajang saja, namun juga di Jember, Banyuwangi dan sejumlah daerah lainnya," terang caleg DPRD Jatim Lumajang-Jember itu.

Mbak Yah saat ini masih menjadi pemasok talas mbote dalam bentuk mentah ke Jakarta. Namun, Mbak Yah memiliki cita-cita untuk bisa mengembangkan aneka makanan berbahan talas di Lumajang.

"Mbak Yah memiliki cita-cita membuat aneka makanan dari talas mbote, agar semakin banyak warga yang bekerja dari talas," pungkasnya.(Yd/red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi