Content: / /

Himagri UNILU Ikut Bazzar Dinas Perdagangan Lumajang

Himagri UNILU Ikut Bazzar Dinas Perdagangan Lumajang

Stand bazzar HIMAGRI UNILU

Lumajang (lumajangsatu.com) - Dalam rangka meningkatkan kreatifitas mahasiswa Program Studi Agribisnis, Himpunan Mahasiswa Agribisnis (Himagri) Fakultas Pertanian Universitas Lumajang mengikuti kegiatan Bazzar yang diadakan oleh Dinas Perdagangan Kabupaten Lumajang. Kegiatan tersebut dilaksanakan setiap tahunnya pada bulan Ramadhan. Tahun ini, Himagri ikut andil dalam Bazzar tersebut selama 6 hari, mulai tanggal 4 Juni 2018 hingga 9 Juni 2018.

"Untuk meningkatkan kreatifitas, kami Himagri mengikuti Bazzar yang diadakan di Alun-alun Lumajang selama 6 hari," papar Agus Siswanto, ketua Himagri.

Selain mengasah kreatifitas, mereka mengikuti bazzar guna menampilkan hasil penelitian dosen dan pengabdian kepada masyarakat serta ditujukan untuk memotivasi mahasiswa Universitas Lumajang lainnya agar menjadi mahasiswa yang aktif di kampus dan masyarakat. Kegiatan ini bisa dijadikan sebagai aplikasi keilmuan yang didapatkan di bangku perkuliahan khususnya bidang kewirausahaan yang mana nantinya diharapkan setelah lulus sarjana mereka dapat menciptakan lapangan pekerjaan.

"Selain itu, kegiatan ini digunakan sebagai motivasi untuk mahasiswa lainnya dan juga sebagai aplikasi keilmuwan yang diharapkan setelah lulus kuliah dapat menciptakan lapangan pekerjaan," terangnya.

Dalam standnya, Himagri menampilkan berbagai produk seperti Nata de Aloe Vera yang terbuat dari Lidah Buaya, kerupuk sayur yang terbuat dari berbagai jenis sayur, antara lain bayam, luntas, kenikir, kelor dan seledri, arang sekam yang terbuat dari sisa pembakaran sekam padi, gula semut, gula kelapa, rengginang dan berbagai produk yang berpotensi menjadi unggulan Kabupaten Lumajang.

Selain itu, mereka juga menampilkan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat oleh Dosen Universitas Lumajang, dimana penelitian tersebut mendapatkan dana hibah dari Kementerian Riset dan Teknologi yang bermitra dengan masyarakat antara lain KTH Margo Mulyo Desa Burno Kecamatan Senduro sebagai produsen Sabun Susu Kambing Etawa yang didampingi oleh Dosen Fakultas Pertanian, Shanti Akhiriani.

Satu lagi, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berupa Krans Bunga yang merupakan hasil daur ulang dari kulit jagung (Klobot) yang didampingi oleh Sri Sumarliani selaku Ketua Lembaga Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) dan sekaligus sebagai Dosen Fakultas Pertanian.

"Ada sekurangnya 14 produk yang kami tampilkan dalam kegiatan bazzar. Selain itu terdapat pula beberapa penelitian dosen sekaligus pengabdian masyarakat yang mendapatkan dana hibah dari Kementerian Riset dan Teknologi," ungkap Agung Ranu, Sekretaris Himagri.

Selama berlangsungnya Bazzar Ramadhan, Himagri juga menampilkan dua jenis instalasi tanaman hidroponik dan memberikan penyuluhan dan pelatihan Teknik Budidaya Tanaman Hidroponik kepada masyarakat secara gratis.
Pengunjung merasa senang dengan keberadaan stand Himagri Fakultas Pertanian Universitas Lumajang.

Mereka menilai bahwa stand Himagri bagus dan banyak sisi edukasi yang diberikan. Karena mereka menampilkan beberapa produk dan penelitian baik dari dosen maupun dari mahasiswa itu sendiri. Ini merupakan langkah awal untuk mendekatkan Himagri sebagai bagian dari Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian di tengah masyarakat secara khusus dan Universitas Lumajang secara umum.

"Saya rasa bagus, karena mereka menampilkan produk-produk dan penelitian yang sudah bermitra dengan Himagri. Ini juga langkah awal untuk mendekatkan Himagri dan Program Studi Agribisnis ke masyarakat," pungkas M. Dandy Kris Indrawan, Alumni SMA Negeri 3 Lumajang.(Red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi