Content: / /

Hujan 2 Hari, Aliran Sungai dari Semeru Banjir Lahar Dingin

Peristiwa

22 Juni 2018
Hujan 2 Hari, Aliran Sungai dari Semeru Banjir Lahar Dingin

Sungai Mujur banjir lahar dingin dan membawa meterial pasir dari Semeru

Lumajang (lumajangsatu.com) - Kabupaten Lumajang selama dua hari diguyur hujan yang hampir merata di seluruh Kecamatan. Akibatnya, sejumlah aliran suangai yang berasal dari gunung Semeru mengalami banjir lahar dingin dengan membawa ribuan kubik material pasir.

Adiarto, Komandan TRC Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang menyatakan hujan deras terjadi di lereng gunung Semeru. Banjir lahar dingin terjadi mulai Jum'at dini hari hingga pagi hari.

"Akibat hujan deras, terjadi banjir lahar dingin di aliran sungai yang bersumber dari lereng gunung Semeru," jelas Adiarto, Jum'at (22/06/2018).

BPBD menghimabau kepada warga yang berada di aliran sungai Semeru untuk selalu waspada. Sebab, informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) hujan masih akan terjadi selama satu minggu kedepan.

Warga yang berada di daerah rawan longsor juga diminta waspada, karena saat hujan potensi longsor sangat besar. "Kita selalu menghimbau warga yang berada di daerah rawan bencana untuk selalu waspada. Untuk penambang pasir juga diminta tidak melakukan aktifitas jika cuaca buruk," pungkasnya.(Yd/red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi