Content: / /

Hujan Deras di Lereng Semeru, Dam Kali Asem Jebol

Peristiwa

08 Oktober 2017
Hujan Deras di Lereng Semeru, Dam Kali Asem Jebol

Kondisi Dam Kali Asem di tengah Kota Lumajang jebol

Lumajang (lumajangsatu.com) - Akibat hujan deras diwileyah lereng Semeru Sabtu malam (07/10) menyebabkan banjir di sunagai Kali Asem Lumajang. Akibatnya, tanggul Dam Gambiran jebol dan tebing sungai longsor yang membuat banguan Cafe Enjoy bagian belakang jebol.

Teguh, Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang menyatakan, kerugian yang diakibatkan hanya korban benda saja. Saat ini, tim sedang melakukan kajian untuk mengambil langkah penanganan.

"Dam Gambiran jebol dan bagunan caffe Enjoy sekitar 15 meter ikut jebol juga. Tidak ada korban jiwa hanya korban meterial saja," jelas Teguh, Minggu (08/10/2017).

Untuk dampak yang lain, masih akan dilakukan kajian lebih lanjut apakah mengakibatkan pada lahan pertanian. Sebab, sungai Kali Asem juga dimanfaatkan untuk mengairi puluhan hektar sawah.

"Kita belum ada laporan dampak lanjutan dari jebolnya Dam Gambiran itu ya, kita akan lakukan koordinasi dan kajian lebih lanjut," pungkasnya.

A'ak Abdullah Al-Kudus, aktivis lingkungan Laskar Hijau menyatakan, banjir di sungai Kali Asem akibat gundulnya hutan di lereng Semeru. Akibatnya, saat turun hujan tanah tidak bisa menahan air dan semua air hujan masuk ke sungai.

"Karena manusia sudah tidak bersahabat lagi dengan alam, maka alam juga mulai tidak bersahabat. Banyak hutan yang gundul sehingga saat turun hujan tanah tidak lagi mampu menahan air," tuturnya.(Yd/red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi