Content: / /

Ini Penjelasan KBIH Al-Haromain Soal 16 CJH Lumajang Gagal Berangkat

Peristiwa

25 Juli 2018
Ini Penjelasan KBIH Al-Haromain Soal 16 CJH Lumajang Gagal Berangkat

Imam Syafi'i, mantan Sekretaris KBIH Al-Haromain Lumajang

Lumajang (lumajangsatu.com) - Mantan Sekretaris KBIH Al-Haromian akhirnya angkat bicara soal 16 calon jama'ah haji (CJH) yang gagal berangkat. Pihak KBIH al-Haromain sudah melakukan komunikasi dengan para CJH dan sudah menjelaskan duduk persoalannya.

"Kita dari KBIH melakukan ikhtiar agar CJH KBIH Al-Haromain bisa berangkat ke tanh suci. Namun, pihak dari Kemenag Lumajang mebatalkan karena data yang dikirim tidak memenuhi syarat," ujar Imam, Rabu (25/07/2018).

Pihak KBIH Al-Haromain dan juga CJH sudah menerima keputusan dari Kamenag. Imam juga menjelaskan bahwa gagalnya 16 CJH Al-Haromain tidak ada sangkut pautnya dengan pengasuh pensatren Al-Haromain, karena KBIH Al-Haromian berdiri sendiri.

"Saya semua yang mengurus segela kelengkapan CJH. Jadi tidak ada sangkut pautnya dengan pengasuh pondok pesantren Al-Haromain. Itu murni inisiatif dari saya sendiri," terangnya.
cjh al-haromain
Saji, salah seorang CJH Al-Haromian yang gaal berangkat mengaku sudah ikhlas dengan kejadian tersebut. Berangkat ke tanah suci adalah panggilan, jika tahun 2018 belum bisa berangkat berarti belum dapat panggilan dari tanah suci.

"Naik haji itu adalah panggilan, kalau saya gak bisa berangkat tahun ini, berarti belum dapat panggilan. Saya ikhlas," jelas Saji dalam bahasa Madura.

Abu Bakar, CJH Al-Haromain yang lain juga mengaku menerima jika belum bisa berangkat tahun 2018. "Saya juga menerima meski gak bisa berangkat tahun ini. Saya juga belum menggelar tasyakuran berangkat haji, karena sudah mendengar jiga gagal berangkat tahun ini," pungkasnya.(Yd/red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi