Content: / /

Jadi Simbol Kejayaan Lumajang, Bupati As'at Ziarah Situs Biting Jelang Puncak Harjalu

Politik Dan Pemerintahan

14 Desember 2017
Jadi Simbol Kejayaan Lumajang, Bupati As'at Ziarah Situs Biting Jelang Puncak Harjalu

Bupati As'at dan Fokopimda saat ziarah makam Situs Biting

Lumajang (lumajangsatu.com) - Jelang 1 hari peringatan Hari Jadi Lumajang (Harjalu) ke-762 tahun, Bupati As'at Malik dan Fokopimda melakukan ziarah makam Situs Biting. Situs Biting diyakini sebagai petilasan raja Arya Wiraraja, sebagai raja pertama Lumajang Tiga Juru.

Dalam sambutannya, Bupati menyatakan bahwa kegiatan ziarah makam Biting adalah agenda rutin setiap tanggal 14 Desember sebelum puncak Harjalu 15 Desember. Situs Biting merupakan simbol kejayaan Lumajang di masa kerajaan, yang hingga kini masih tersisa benteng kerajaan.

"Situs Biting merupakan bagian sejarah dari Kabupaten Lumajang, dan Arya Wiraraja adalah raja pertama di Lamajang. Oleh karena itu, setiap Harjalu pasti jadi bagian penting untuk diperingati," terangnya.

Faisal Rizal, Kepala Desa Kutorenon Kecamatan Sukodono menyatakan bahwa saat ini Situs Biting terus diberi fasilitas umum dan akan dijadikan wisata edukasi sejarah. Pihak desa sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan akan membangun jalan dan tembok Situs Biting dengan nuansa masa lalu.

"Kita terus lakukan koordinasi dengan Dinas Pariwisata dan ada pihak ketiga yakni dari Biting Mega Wisata yang ikut membangun di Situs Biting," pungkasnya. (Yd/red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi