Content: / /

Kapolres Lumajang Ikut Tanam Rumput Vetiver di Ranu Pani

Peristiwa

15 Februari 2020
Kapolres Lumajang Ikut Tanam Rumput Vetiver di Ranu Pani

Kapolres Lumajang, AKBP Adewira ikut menanam rumput vetiver di Desa Ranu Pani Kecamatan Senduro.

Lumajang - Kapolres Lumajang AKBP Adewira Siregar SIK M, Si menghadiri kegiatan Kunjungan Kerja Gubernur Jawa Timur dengan acara Penanaman rumput Vetiver untuk Konservasi tanah dan air dalam rangka Pemulihan daerah aliran sungai (DAS) kerjasama Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan Kodam V Brawijaya di kawasan percepatan ekonomi Desa Ranupani, bertempat di Desa Ranupani Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang Sabtu, (15/02/2020).

 Kegiatan ini untuk mengantisipasi bencana alam dan sebagai wujud kecintaan pada alam untuk menjaga ekosistem dan menjaga kelestarian lingkungan baik di pesisir pantai, aliran sungai, maupun kawasan pegunungan di wilayah Kabupaten Lumajang.

Hal tersebut disampaikan oleh AKBP Adewira kegiatan penanaman batang rumput vetiver bersama seluruh elemen pemerintah dan komponen masyarakat, diharapkan bermanfaat sebagai penahan potensi longsor di kawasan perbukitan.

Menurut dia rumput vetiver merupakan rumput yang memiliki daya cengkeram kuat dalam mengikat tanah, sehingga dapat meminimalkan adanya longsor.

“Rumput jenis vetiver dipilih karena memiliki akar serabut yang terbukti mampu menahan erosi pada tanah,” jelasnya.

Sebelumnya, Polres Lumajang telah melaksanakan berbagai kegiatan bhakti sosial peduli lingkungan diantaranya penanaman pohon secara serentak oleh Polsek jajaran Polres Lumajang di wilayah masing-masing. (ind/ls/red)

loading...

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi