Content: / /

Kapolres Lumajang Perintahkan Kapolsek Nginap di PPK Saat Rekapitulasi Suara

Hukum Dan Kriminal

19 April 2019
Kapolres Lumajang Perintahkan Kapolsek Nginap di PPK Saat Rekapitulasi Suara

Kapolres Lumajang Cek Keamanan Rekapitulasi Suara Pemilu tingkat PPK didampingi pejabat terasnya.

Lumajang (lumajangsatu.com) - Empat Panitia Penyelenggara Kecamatan (PPK) berdasarkan kesepakatan bersama memilih melakukan rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara Pemilu hari ini, Jum'at (19/4/2019). Dalam pelaksanaannya rekapitulasi penghitungan suara dibagi menjadi 4 team disetiap PPK, dimana masing masing team terdiri dari Panitia Pemungutan Suara ( PPS ), Panitia Pengawas Desa ( PPD ) dan saksi dari masing masing partai.

"Kapolsek juga saya perintahkan wajib menginap 24 jam di PPK selama kotak suara masih berada di PPK, sampai nanti didistribusikan ke KPU." ungkap Kapolres Lumajang, AKBP Arsal Sahban.

Masih kata dia, Kapolsek agar mengendalikan anggota pengamanan di PPK baik anggota dari Polsek, TNI, Linmas dan Satgas Keamanan Desa untuk menjaga kotak suara dan menjaga proses rekapitulasi penghitungan suara. Hari ini 30 personil Polres saya kerahkan di tiap PPK untuk membantu pengamanan.

"Tim Cobra Juga terus saya perintahkan patroli untuk antisipasi kriminalitas," terangnya.

Untuk besok hari sabtu, karena semua PPK sejumlah 21 sudah melaksanakan rekapitulasi penghitungan suara, sehingga pengamanan akan saya buat 5 rayon yaitu rayon utara, selatan, barat, timur dan rayon tengah. Tiap rayon nantinya akan mengamankan 5 sampai 6 PPK. Jumlah kekuatan pengamanan per rayon terdiri dari 18 Polri, 4 TNI, 4 satpol PP yang tugasnya melakukan patroli ke masing masing PPK yang ada dirayonnya,

"Tadiaya cek masing-masing team dapat menyelesaikan rekapitulasi penghitungan suara per TPS selama 1 jam. Jumlah TPS disetia desa bervariasi antara 7 TPS sampai 30 TPS. hari senin semua rekapitulasi suara per-TPS harus sudah selesai dan hari selasa besoknya dilanjutkan rekapitulasi perhitungan suara per Desa” Ujar arsal.

Dari hasil pantauan, proses rekapitulasi perhitungan suara Pemilu berjalan kondusif. Di PPK Yosowilangun sempat terjadi perbedaaan perhitungan antara saksi dari Partai Demokrat dengan rekap yang dibacakan oleh petugas PPS.

Kemudian dilakukan pembukaan lembar plano ( lembar hasil perhitungan asli di TPS yang ada didalam kotak suara, yang merupakan dokumen asli). setelahnya semuanya berjalan lancar dan kondusif. (res/ls/red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi