Content: / /

Kisah Mistis Pohon "Sopen" Tanpa Nama di Banyuputih Kidul - Lumajang

Gaya Hidup

29 Oktober 2018

 Jatitoro (lumajangsatu.com) - Ada sebuah pohon besar tanpa nama di pemakaman umum "Bujuk Sentono" Dusun Kambengan Desa Banyuputih Kidul Kecamatan Jatiroto. Warga yang tidak mengetahui jenis pohon apa, diberi nama "Sopen" dalam bahasa madura artinya tidak tahu.

BACA JUGA : Ada Tumpeng Candi Tahu di Lapangan Kunir Kidul - Lumajang

Hingga saat ini, pohon Sopen tetap berdiri tegak berdampingan dengan beringin disebelah utaranya. ada cerita mistis tentang pohon itu.

Dari cerita penelusuran tim lumajangsatu.com, pohon itu diduga sebuah tongkat dari Bujuk Sentono yang sakti madraguna. Sehingga, lokasi Bujuk sulit ditemukan oleh musuh pada masa kerajaan Lamajang.

Ada juga cerita, jika pohon itu dari tongkat Minak Koncar yang berkunjung ke Banyuputih naik perahu dan beristirahat. Karena pemakaman itu adalah bekas tempat istirahat prajurit kerajaan Lamajang.

"Kalau dari cerita orang pintar, tongkatnya raja Lumajang," ujar Tomin, salah seorang warga setempat.

Dulu, Pohon itu tidak pernah singgahi burung dan bila terbang akan jatuh. Selain itu, bunga dari pohon bila awal musim penghujan terkena air akan berbau busuk seperti sisa buangan manusia.

BACA JUGA : Ekspedisi Ranu Kumbolo Peringati Sumpah Pemuda ke-90

"Baunya busuk, bunganya jarang-jarang," paparnya.

Keanehan lainya, pohon Sopen ini hanya satu-satu di Pemakaman Desa itu. Bahkan warga tidak bernai untuk membudidayakan, dikarenakan sebuah kisah mistisnya.(ls/red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi