Content: / /

Lalai, Kabakaran Lahan Hanguskan Puluhan Pohon Sengon di Kedungjajang

Peristiwa

21 September 2018
Lalai, Kabakaran Lahan Hanguskan Puluhan Pohon Sengon di Kedungjajang

Petugas melakukan pemadaman kebakaran lahan di Kedungjajang (foto TRC BPBD)

Lumajang (lumajangsatu.com) - Akibat kelalaian, terjadi kebakaran lahan di Dusun Ketapang Desa Grobogan Kecamatan Kedungjajang. Titik api berawal dari sisa limbah kayu yang tidak dipakai dan dibakar oleh para pekerja. Namun beruntung tidak ada korban jiwa hanya sekitar 100 pohon sengon mati.

Adiarto, Komandan TRC Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang menyatakan kebakaran mengakibatkan lahan sengon hangus. Karena musim kemarau, api sangat cepat meluas dan membakar semak belukar yang sudah mengering.

kebakaran lahan"Titik api berasal dari sisa limbah kayu olahan yang dibakar oleh pekerja," ujar Adiarto, Jum'at (21/09/2018).

BACA JUGA3 Caleg Dicoret, PKB Lumajang Tetap Optimis Jadi Pemenang Pemilu 2019

Kronolgis kebakaran berawal saat seorang pekerja membakar sisa kayu olahan di lahan Markan. Saat tiba sholat Jum'at, para pekerja meningglkan lokasi yang membuat api semakin membesar dan tidak dapat dilokalisir.

Sekitar jam 15.45, tim TRC BPBD bersama mobil pemadam kebakaran datang di lokasi. Karena cukup luas, proses pemadaman membutuhkan waktu yang cukup lama, karena sumber mata air sangat jauh dari lokasi kebakaran.

"Pemilik lahan adalah Pak Markan warga Banyuwangi dan limbah kayu tersebut dibeli dari pabrik kayu SMK Klakah," pungkasnya.(Yd/red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi