Content: / /

Longsor Sebelum Watu Tulis Tutup Akses Jalur Lumajang Ranupani

Peristiwa

19 Maret 2019
Longsor Sebelum Watu Tulis Tutup Akses Jalur Lumajang Ranupani

Sejumlah pengendara roda dua nekat melintasi material longsoran di daerah Kretelan sebelum Watu Tulis Ranupani (foto netizen)

Lumajang (lumajangsatu.com) - Cuaca extrim dengan hujan lebat menimbulkan sejumlah longsor di Lumajang. Salah satunya longsor terjadi di jalur Lumajang-Ranupani di daerah Kretelan wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

"Iya mas, ada longsor di daerah Kretelan setelah watu tulis jika darai arah Desa Ranupani," ujar Nunuk, Sekretaris Desa Ranupani, Selasa (19/03/2019).

Banyaknya material longsor membuat seleruh bahu jalan tertutup total sehingga tidak bisa dilewati kedaraan roda dua dan empat. Warga juga mulai menyiapkan alat untuk melakukan evakuasi material secara manual.

"Kita juga sudah menghubungi BPBD mas untuk bersama-sama melakukan evakuasi material longsoran," jelasnya.

Jika dilihat dari material longsor, maka bisa dilakukan evakuasi secara manual tanpa alat berat. Namun, membutuhkan waktu yang cukup lama karena tanah yang longsor cukup banyak.

"Kayaknya bisa manual mas, tapi butuh waktu yang lama agar bisa membersihkan semua material longsoran," pungkasnya.(Yd/red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi