Content: / /

Lumajang Amat Kaya, Bupati Petik Kopi Robusta Lereng Semeru

Ekonomi

13 Juli 2017
Lumajang Amat Kaya, Bupati Petik Kopi Robusta Lereng Semeru

Bupati Lumajang As'at Malik memanen kopi Robusta di Lereng Semeru

Lumajang (lumajangsatu.com) - Tak hanya memiliki teh yan enak dan berkualitas ekspor, Lumajang juga memiliki kopi yang bagus diketinggian lereng semeru. Bersama kelompok tani Mawar, Kecamatan Pasrujambe, As'at Malik Bupati Lumajang memetik kopi Lereng Semeru (Kolesem), Kamis (13/07/2017).

Kegiatan petik kopi juga dihadiri Drs. Dudi Gunardi, M.Si perwakilan dari Kementrian Pertanian RI, Direktur Perlindungan Perkebunan Direktorat Perkebunan RI dan Ardi Praptono, SP Kepala BBPPTP Surabaya. Kopi yang berada di Dusun Tawon Songo tersebut berjenis Robusta memiliki kualitas dan aroma yang telah diakui.

As'at Malik meneybut, olahan Kopi Bubuk MBAH MERU tersebut kini dipakai oleh ahli racik kopi di sebagaian besar warung-warung di Lumajang. Dirinya mengungkapkan bahwa kopi tersebut telah membanggakan Kabupaten Lumajang di kancah nasional.

“Belum lama ini, Kopi Bubuk MBAH MERU ini telah meraih Rangking 2 pada kegiatan Festival kopi Nasional di Bali,” ujar Bupati.

Sebagai langkah konkrit untuk pengembangan produk KoLeSem, Bupati akan mengambil langkah untuk meningkatkan nilai produksi. “Saya menyadari masih ada beberapa kendala terkait pengembangan produk KoLeSem, salah satunya faktor iklim, untuk ini saya bersama jajaran Perbankan dan Dunia Usaha lainnya segera mengambil langkah konkrit terkait mesin pengering maupun pengemasan produk,” pungkasnya.(Yd/red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi