Content: / /

Meluap,  Banjir Selutut Rendam Rumah Warga Desa Darungan Yosowilangun

Peristiwa

08 April 2017
Meluap,  Banjir Selutut Rendam Rumah Warga Desa Darungan Yosowilangun

Suasana banjir di Desa Darungan Kecamatan Yosowilangun

Lumajang (lumajangsatu.com)  -  Akibat hujan deras,  puluhan rumah di Dusun Kerajan Desa Darungan Kecamatan Yosowilangun terendam setinggi lutut orang dewasa.  Air yang masuk kerumah warga meluap dari sungai Cilik yang berada di Dusun Kerajan sejak pagi. 

"Mulai tadi pagi banjir dari luapan sungai Cilik masuk kerumah warga dan jalan jadi sungai mas, " ujar Rega Herdianto,  Kasun Kerajan,  Sabtu (08/04/2017).

Setiap kali hujan deras daerah tersebut sudah jadi langganan banjir,  sebab sungai tersebut menampung banyak air hujan dari banyak tempat.  Warga berharap ada bantuan dari pemerintah baik saat terjadi banjir atau normalisasi sungai agar tak banjir lagi. 

"Warga berharap ada bantuan dari pemerintah dan juga normalisasi sungai agar tak banjir lagi saat hujan, " pintanya. 

Banjir yang terjadi Sabtu pagi lebih besar dari banjir beberapa hari lalu. " Lebih besar sekarang mas,  kemaren masuk kerumah juga tapi gak tinggi,  sekarang tinggi sekali airnya, " pungkasnya. 

Agus Budianto,  Plt Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Kabupaten Lumajang menyatakan banjir di Desa Darungan juga diakibatkan karena air tidak bisa masuk muara karena air laut pasang. Pemerintah terus melakukan evaluasi terhadap sejumlah titik yang jadi langganan banjir saat hujan deras. 

"Itu akibat air dari sungai tidak bisa masuk maura, karena air laut pasang sehingga airnya balik dan meluap ke permukiman dan juga lahan pertanian, " jelasnya. (Yd/red) 

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi