Content: / /

Membeku, Pagi Hari Desa Ranu Pani Seperti di Eropa

Gaya Hidup

06 Agustus 2018
Membeku, Pagi Hari Desa Ranu Pani Seperti di Eropa

Fenomena alam embun pagi menjadi es karena suhu sampai nol derajat

Lumajang (lumajangsatu.com) - Suhu dingin terjadi di Kabupaten Lumajang, bahkan di sejumlah lokasi suhu mencapai nol derajat. Sedangkan di Lumajang saat malam hari suhu bisa mencapai 17-20 derajar celcius.

Suhu paling dingin sampai nol derajat hingga minus terjadi di Desa Ranu Pani Kecamatan Senduro. Jika suhu sudah nol derajat maka akan terjadi fenomena bunga es (frost) atau air embun membeku seperti saat pagi hari.
embun es ranu pane
"Saat ini pagi suhunya mencapi nol derajat mas, mungkin kalau subuh sudah minus mas dan air embun jadi es," ujar Sukaryo, salah seorang Saver Semeru, Senin (06/08/2018).

Fenomena alam frost akan bisa dilihat oleh para pengunjung hingga pagi hari selama matahari belum terbit. Pucuk rumput dan dedaunan akan berwarna putih karena ada embun membeku.

"Kalau pagi sudah terlihat embun es mas, jika sudah terbit matahari es tersebut lambat laun akan mencair dan menghilang. Sangat dingin sekali," terangnya.

Meski cuaca dingin sangat ektrim, namun pendakikan ke gunung Semeru tidak berkurang. Bahkan, fenomena tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi para pendaki, karena sangat langka dan hanya terjadi saat puncak musim kering.

"Pokoknya sudah seperti di eropa mas, seperti musim salju wes karena embun putih membeku," pungkasnya.(Yd/red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi