Content: / /

Meriah, Puluhan Ribu Warga Memadati Sepanjang Jalan Festival Kuda Kencak

Gaya Hidup

26 November 2017
Meriah, Puluhan Ribu Warga Memadati Sepanjang Jalan Festival Kuda Kencak

Sejumlah warga menaikkan anaknya di acara Festival Jharan Kencak

Lumajang (lumajangsatu.com) - Puluhan Kuda Kencak meramaiakan Festival Jharan Kencak 2017 dalam rangka Hari Jadi Lumajang (Harjalu) ke-762. Puluhan ribu orang memadati Alun-alun tempat strat Festival Jharan Kencak.

Sepanjang jalan, banyak anak-anak yang naik Kuda Kencak dengan membayar sejumlah uang. Hal itu menjadi salah satu cara agar kesenian Jharan Kencak tetap lestari ditengah serbuan kebudayaan asing yang masuk ke Indoensia.

"Kita berharap akan banyak event kesenian Jharan Kencak. Warga bisa melihat dan anaknya bisa naik Kuda Kencak sebagai tambahan pendapatan bagi para seniman," ujar A'ak Abdullah Al-Kudus, Koordinator Paguyuban Kuda Kencak Lumajang, Minggu (26/11/2017).

Selama ini, para seniman Kuda Kencak hanya bertahan dari satu tanggapan ke tanggapan yang lain. Jika banyak evant, maka meski sepi tanggapan maka seniman Kuda Kencak akan tetap bertahan.

"Selama ini para seniman hanya mengandalkan dari tanggapan saja, ketika sepi tanggapan maka menganggur. Jika banyak event dan Kuda Kencak jadi salah satu atraski wisata Lumajang maka kesejahteraan para seniman Kuda Kencak akan meningkat," terangnya.

Indijanto, Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang menyatakan bahwa pemerintah akan terus melakukan upaya dalam mengenalkan kesenian Jharan Kencak. Upaya menjadikan Jaharan Kencak salah satu atraksi pariwisata Lumajang terus dilakukan secara berkelanjutan.

"Kita ingin Jharan Kencak ini jadi salah satu atraksi pariwisata Lumajang. Kerena Jharan Kencak sudah jadi kebanggan kita bersama," pungkasnya.(Yd/red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi