Content: / /

Nyekar Makam Situs Biting Tradisi Jelang Puncak Peringatan Harjalu

Politik Dan Pemerintahan

14 Desember 2018
Nyekar Makam Situs Biting Tradisi Jelang Puncak Peringatan Harjalu

Rombongan Bupati Lumajang saat nyekar di Situs Biting yang diyakini sebagai petilasan Arya Wiraraja

Lumajang (lumajangsatu.com) - Rangkaian puncak peringatan Hari Jadi Lumajang (Harjalu) ke-763 tahun dilakukan ziarah makam Situs Biting. Bupati dan Wakil Bupati Thoriqul Haq dan Indah Amperawati bersama rombongan melakukan tabur bunga.

Thoriqul Haq, Bupati Lumajang menyatakan setiap tanggal 14 Desember sebelum puncak prosesi Harjalu 15 Desember pasti dilakukan tabur bunga di Situs Biting. Hal itu adalah bentuk dari rasa hormat kepada para pendiri Lumajang yang diyakini petilasannya berada di Situs Biting.

"Ini adalah bentuk penghormatan kepada pendiri Lumajang," jelas Thoriq, Jum'at (14/12/2018).

Sejarah besar kerajaan Lamajang Tigang Juru dibawah Arya Wiraraja sang arsitek nusantara, harus diambil semangatanya dalam membangun Lumajang. Hal itu juga yang dijadikan semangat oleh Cak Thoriq dalam menjadikan Lumajang Hebat Bermartabat.

"Masih banyak daerah yang mencari sejarahnya, Lumajang sudah tercatat dalam sejarah merupakan kerajaan besar dan itu harus jadi semangat," tuturnya.

Sugiyo, pengurus makam Situs Biting menyatakan bahwa ziarah makam Harjalu ke-763 adalah yang ke-8. Pertama kali ziarah makam Situs Biting dilakukan tahun 2011 saat Bupati alm Sjahrazad Masdar dan As'at Malik sebagai Wakil Bupati.

"Pertama kali digelar ziarah makam Situs Biting 14 Desember 2011 saat Bupati alm Sjahrazad Masdar," paparnya.

Saat itu, yang menjadi panitia ziarah makam Situs Biting adalah Indah Amperwati yang saat ini sudah jadi Wakil Bupati Lumajang. Tak lupa, Sugiyo juga menyebut Gawat Sudarmanto yang kala itu menjabat kepala kantor Parriwisata dan Kebudayaan.

"Tahun 2011 adalah awal, dimana masyarakat, LSM dan Mahsiswa bersama-sama membangkitkan sejarah Arya Wiraraja di Situs Biting," pungkasnya.(Yd/red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi