Content: / /

Oalah Ini Toh Keunikan Kelapa Kopyor Klakah Lumajang Diburu Pembeli

Gaya Hidup

19 September 2020
Oalah Ini Toh Keunikan Kelapa Kopyor Klakah Lumajang Diburu Pembeli

Pemanjat Kelapa Kopyor Klakah Lumajang.

Lumajang - Klakah menjadi salah satu, barometer penghasil kelapa kopyor terbaik di Kabupaten Lumajang. Dengan penduduk mayoritas madura yang dikenal kaya tradisi spiritualnya, tak terkecuali dalam budi daya Kelapa Kopyor.

Rohem petani kelapa Desa Papringan Kecamatan Klakah Lumajang mengungkapkan bahwa, kelapa kopyor bukan sembarangan kelapa. "Ada pantangan-pantangan serta tradisi mistis guna pohon kelapa bisa berbuah kopyor,"ungkapnya saat ditemui Lumajangsatu.com dikebun Kelapanya, Jumat, (18/09/2020).

Ruhem mengungkapkan bahwa pohon kelapa yang sudah berbuah kopyor dilarang ganti orang untuk mengambilnya. "Harus konsisten pada satu orang pemanjat. Jika tidak, pohon tidak akan menghasilkan kelapa kopyor.

Selain itu warga Klakah memiliki ritual unik dan mistis guna memancing pohon kelapa agar berbuah kopyor. "Setiap hari kamis kliwon, pohon kelapa dilembari telur busuk,"ungkapnya.

Rohem menjelaskan, warga klakah mempercayai jika kelapa kopyor mampu meningkatkan stamina pria. "Biasanya disini dibuat jamu untuk stamina laki-laki,"ungkapnya.

Perlu diketahui bahwa kelapa kopyor merupakan kelapa kelainan genetik, dengan ciri daging buah yang empuk dan terlepas dari tempurungnya, serta memiliki aroma khas.

tidak semua pohon kelapa mampu menghasilkan kopyor dan dalam 2 sampai 3 bulan satu pohon kelapa hanya mampu menghasilkan 3 butir kelapa kopyor. Kini satu butir kelapa kopyor oleh petani dibandrol 40 ribu rupiah. (Oky/ls/red)

loading...

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi