Content: / /

Partai Hanura Awali Pendaftaran Bacaleg di KPU Lumajang

Partai Hanura Awali Pendaftaran Bacaleg di KPU Lumajang

Partai Hanura saat mendaftarkan Bacalegnya di KPU Lumajang

Lumajang (lumajangsatu.com) - Partai Hanura menjadi yang pertama mendaftarkan bakal calon legislatif (Bacaleg)-nya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lumajang. Sekitar jam 12.00 wib, Bacaleg Hanura datang untuk menyerahkan berkas-berkas persyaratan untuk meju sebagai calon wakil rakyat 2019 mendatang.

Eni Sunarni, Ketua DPC Hanura Lumajang menyatakan, ada 50 Bacaleg yang didaftarkan kepada KPU. 30 persen keterwakilan perempuan juga terpenuhi dalam komposisi Caleg di lima daerah pemilihan (dapil).

"Hari ini kita sudah mendaftarkan Bacaleg Hanura ke KPU, ada beberapa yang kurang lengkap persyaratannya dan kita lengkapi dalam masa perbaikan berkas," ujar Eni, Senin (16/07/2018).

Siti Mudawiyah SE, Komsioner KPU Lumajang menyatakan ada beberapa Bacaleg Hanura kurang lengkap persyaratannya seperti surat dari pengadilan, surat kesehatan dan bebas narkoba. Dalam tahapan KPU, Bacaleg yang kurang lengkap persyaratannya diberi waktu tanggal 22-31 Juli 2018 untuk melengkapinya.

"Kuota 50 Bacaleg Hanura terpenuhi, ada beberapa persyaratan yang kurang lengkap. Kita masih ada jadwal perbaikan persyaratan tanggal 22-31 Juli 2018," terangnya.
Perindo daftarkan bacalegnya ke KPU
Setelah Hanura, sekitar jam 13.30 wib, Partai Perindo juga datang ke KPU untuk mendaftarkan Bacalegnya. Berbeda dengan Hanura, Perindo tidak bisa memenuhi kuota 50 Bacaleg di lima dapil.

Jamal Abdullah Al-Katiri, Ketua Perindo menyatakan bahwa Bacaleg yang didaftarkan hanya 41 Bacaleg saja. Perindo masih kurang 9 Bacaleg untuk bisa memenuhi kuota 50 Bacaleg.

"Hari ini adalah instruksi dari DPP Perindo agar mendaftar secara serentak. Kita kurang 9 Bacaleg di lima dapil. Hanya ada 41 yang kita daftarkan hari ini. Paling banyak dapil tiga, kita kurang 5 Bacaleg," jelas Jamal.

Muhammad Ridhol Mujib SE, Komisioner KPU Lumajang menyatakan bahwa dihari terkahir semua partai akan bersamaan mendaftarkan Bacalegnya. KPU telah membentuk lima tim, sehingga tidak akan ada kendala meskipun datangnya bersamaan.

"Kita predisikan hari terkahir partai politik di Lumajang akan mendaftarkan Bacalegnya. Kita sudah antisipasi dengan membentuk lima tim yang akan melayani pendaftaran Bacaleg 2019," pungkasnya.(Yd/red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi