Content: / /

Pedagang Jas Hujan Raup Untung Besar

Ekonomi

30 November 2018
Pedagang Jas Hujan Raup Untung Besar

Toko Jas Hujan di Lumajang. (foto by Indana).

Lumajang (lumajangsatu.com) - Musim hujan musim berkah. Kalimat itu cukup tepat menggambarkan bisnis jas hujan. Mengapa begitu? Karena belakangan penjualan mereka meroket naik.

Mengambil contoh, seperti yang dialami Rodiyah (32) warga tempeh. Penjualannya meningkat bekali-kali lipat. Biasanya kalau tidak hujan jualannya tak laku, belakangan justru sebaliknya.

Jika hujannya sebentar, sekitar 2 jam, bisa laku 4 sampai 7 buah. Dan jika hujannya lama, jas hujannya bisa terjual hingga 15 setelan. Singkatnya, penjualan tergantung curah hujan. Makin lama, makin laku.

Dia mengaku meskipun baru di awal musim hujan, ia merasa keuntungannya sudah sangat terasa dibanding biasanya. "Alhamdulillah, meningkat hingga 100 persen," ujar pedagang di kawasan pasar Tempeh.

Harga yang dia tawarkan berkisah antara Rp10.000 hingga Rp95.000. Untuk bahan plastik sekali pakai, harga dari Rp10.000 untuk bajunya saja, dan Rp15.000 jika dilengkapi celana.

Selanjutnya, untuk mempermudah, tipe dibagi menjadi 3. Jubah, berlengan dan setelan. Untuk tipe jubah berlengan seharga Rp60.000.

Berbeda dengan tipe setelan dengan harga lebih variatif, yakni dari Rp60.000, Rp70.000, Rp80.000 hingga Rp95.000, tergantung merek dan bahan.

Penjual lainnya bernama Anang. Sama seperti Rodiyah, jualannya juga laku keras. Biasanya cuma terjual 1 atau 2 potong sehari. Sekarang bisa terjual sampai 5 potong dalam waktu dua jam. Tapi kalau hujan deras lebih dari 4 jam bisa sampai puluhan potong.

Ketika hujan deras melanda dari siang hingga sore. Anang membeberkan jas hujannya laku banyak. "Alhamdulillah. Terjual kurang lebih 20 lembar," ujar pemilik Toko Iyan di Kawasan Pasar  Tempeh.

Sama seperti Rodiyah, di lapak Anang, jas hujan plastik sekali pakai seharga dari Rp10.000 untuk bajunya saja, dan Rp15.000 untuk setelan.

Adapun tipe yang ia sediakan pun juga terdiri dari 3 tipe. Tipe jubah dimulai dengan harga Rp55.000 sampai Rp65.000. Tipe berlengan Rp75.000 dan tipe setelan Rp.85.000. Ingat, harga tergantung merek dan jenis bahan.

Jika Rodiyah menambahkan stok jas hujan dua kali lipat, Anang tetap stabil setengah lusin seperti biasa.

Soal tipe jas hujan yang paling laku, di toko Rodiyah semua tipe terjual rata. Sedangkan di lapak Anang, paling laris adalah tipe plastik sekali pakai.

Kedepan, pedagang tersebut berharap dagangannya makin laku terjual. Seiring menuju puncak musim hujan nanti. (ind/ls/red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi