Content: / /

Peduli Pendidikan, BAZIS SMAGA Serahkan Beasiswa Siswa Kurang Mampu

Citizen Jurnalism

21 Juli 2017
Peduli Pendidikan, BAZIS SMAGA Serahkan Beasiswa Siswa Kurang Mampu

Para siswa saat menerima beasiswa dari Baziz SMAGA

Lumajang (Lumajangsatu.com). Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah (BAZIS) Unit Pengumpul Zakat (UPZ) SMA Negeri 3 Lumajang (SMAGA), Kamis (20/07/2017) menyerahkan bantuan bagi alumni tahun ajaran 2016/2017 berupa biaya hidup di Perguruan Tinggi Negeri sebanyak 14 anak masing-masing mendapatkan Rp. 2.500.000, bantuan seragam 4 stel kepada 41 siswa baru, beasiswa siswa berprestasi dari keluarga kurang mampu kepada 2 siswa dan bantuan sepeda angin kepada 2 siswa baru.

Bertempat di Aula SMA Negeri 3 Lumajang, penyerahan bantuan tersebut disaksikan Kepala Cabang Dinas Wilayah Lumajang, Pengawas SMA, Komite Sekolah, Perwakilan BAZNAS Kabupaten Lumajang, Camat Lumajang, Lurah Citrodiwangsan dan kurang lebih 180 undangan.

Kepala SMA Negeri 3 Lumajang Drs. Zainal Anam, M.Pd menjelaskan BAZIS dalam program membantu siswa-siswi yang sedang menempuh pendidikan di SMAGA dan para alumni yang melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri. Dana yang diperoleh merupakan murni dari Infaq dan Shadaqah Bapak/ibu guru dan infaq para siswa setiap harinya yang dimasukkan dalam dompet keliling.

“Tujuan dengan adanya kegiatan semacam ini adalah untuk membiasakan seluruh siswa-siswi dan keluarga besar SMAGA agar memiliki jiwa sosial yang tinggi. semoga dengan bantuan beasiswa dll tersebut diharapkan anak-anak menjadi lebih rajin belajar, banyak berdoa agar diberi kemudahan dalam melanjutkan pendidikannya serta tercapai yang dicita-citakan” Terangnya.

Sementara itu Kepala Cabang Drs. H. Sugiono Eksantoso, MM dalam sambutannya mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada keluarga besar SMAGA yang memiliki ide dan kegiatan semacam ini, selama saya menjadi guru, pengawas hingga menjadi Kepala Cabang Dinas belum pernah menjumpai sekolah yang memberikan bantuan biaya untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri dan bantuan seragam hingga sejumlah 41. Pendanaannya pun juga tidak mengambil dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS), semoga nantinya SMA dan SMK Negeri di seluruh Lumajang bisa mengelolah keuangan Infaq dan Shadaqah dalam bentuk UPZ.

Pada acara tersebut pemberian biaya hidup 14 Alumni SMAGA yang melanjutkan ke PTN diserahkan secara simbolis oleh Kepala SMA Negeri 3 Lumajang, kemudian penyerahan bantuan seragam dan sepeda angin diserahkan oleh Kepala Cabang Dinas Wilayah Lumajang. 

Sebagai bentuk wujud apresiasi Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Lumajang kepada SMAGA. BAZNAS menyalurkan bantuan biaya pendidikan kepada 12 siswa-siswi alumni SMAGA yang melanjutkan ke PTN dari keluarga kurang mampu. 

Siswa-siswi yang telah menerima bantuan dari BAZIS UPZ SMAGA merasa senang dan bangga, karena bantuan yang mereka terima dapat meringankan biaya untuk melanjutnya ke PTN dan untuk biaya hidup sehari-hari. Mereka akan menggunakan dana tersebut dengan sebaik-baiknya. 

''Saya senang sekali mendapat bantuan dana dari BAZIS UPZ SMAGA dan BAZNAS, saya berjanji menggunakan dana ini dengan sebaik-baiknya dan saya akan selalu menjaga nama baik almamater sekolah '', pungkas Dendy Eka Setyawan, Alumni SMAGA yang kini melanjutkan study di Pendidikan Sosiologi  Universitas Negeri Malang (UM).(Red)

Jurnalis Warga: M. Dandy Kris Indrawan ( Kelas XII SMAGA)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi