Content: / /

Pemkab Lumajang Akan Lakukan Peningkatan Kapasitas Penataan Ruang

Politik Dan Pemerintahan

11 April 2018
Pemkab Lumajang Akan Lakukan Peningkatan Kapasitas Penataan Ruang

Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Penataan Ruang

Lumajang (lumajangsatu.com) - Pemerintah Kabupaten Lumajang akan meningkatkan kapasitas penataan ruang. Salah satu yang dilakukan dengan menggelar sosialisasi  Peningkatan Kapasitas Penataan Ruang yang dibuka langsung Plt. Bupati Lumajang, dr. Buntaran Suprianto, M. Kes., di Hotel Graha Mulia Kabupaten Lumajang tahun 2018, Rabu (11/4/2018).

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari dan diikuti OPD terkait, Camat serta beberapa pengusaha swasta yang ada di Kabupaten Lumajang. Plt. Bupati menilai bahwa penataan ruang di Kabupaten Lumajang saat ini belum maksimal, sehingga melalui sosialisasi ada peninjauan dan kajian ulang secara serius.

"Ini amat sangat penting, Lumajang belum optimal dalam penataan ruang, beberapa kali mengalami perubahan, tata ruang harus ditangani secara serius," jelasnya.

Tata ruang sangat berpengaruh pada tingkat investasi yang ada di Kabupaten Lumajang, tentunya para investor akan melihat tata ruang sebelum menanam investasi di Kabupaten Lumajang. Buntaran menyoroti banyaknya lahan produktif yang saat ini banyak dialih-fungsikan sebagai pemukiman masyarakat. "Saat ini tata ruang yang perlu mendapatkan perhatian adalah terkait pemukiman, sampai beberapa lahan produktif dijadikan kawadan pemukiman, hal ini tentunya berdampak satu sama lain," terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Lumajang, Ir. R Hadi Prayitno  M.T., melaporkan tujuan sosialisasi itu  guna meningkatkan kapasitas penatataan ruang dengan cara memberikan pemahaman terkait penataan ruang serta memberikan pemahaman untuk menggali potensi daerah serta pemahaman atas kebijakan Pemerintah Pusat terkait penataan ruang. Pada acara itu, ada dua narasumber, yaitu, berasal dari Bappeda Kabupaten Lumajang, dan  Ahli Perencana Wilayah Tata Kota ITS Surabaya.(Red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi