Content: / /

Pemkab Lumajang Susun RPJMD Bersama Brawijaya

Politik Dan Pemerintahan

17 Oktober 2018
Pemkab Lumajang Susun RPJMD Bersama Brawijaya

Wakil Bupati Lumajang, Ir. Indah Amperawati, M.Si., membuka Konsultasi Publik Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah (RPJMD) Rancangan Awal di Ruang Nararya Kirana Lantai III Kantor Bupati Kabupaten Lumajang, Rabu (17/10/2018) siang. (Foto by H

Lumajang (lumajangsatu.com) - Wakil Bupati Lumajang, Ir. Indah Amperawati, M.Si., membuka Konsultasi Publik Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah (RPJMD) Rancangan Awal di Ruang Nararya Kirana Lantai III Kantor Bupati Kabupaten Lumajang, Rabu (17/10/2018) siang.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Lumajang menyampaikan, bahwa Konsultasi Publik Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah Rancangan Awal RPJMD ini, hendaknya benar-benar dimanfaatkan sebagai forum musyawarah, yang diharapkan mampu menghasilkan perencanaan pembangunan daerah yang partisipatif, aspiratif dan terpadu.

BACA JUGA : Cak Thoriq Kaget Angka Pernikahan Dini Tinggi di Klakah Tinggi

Di dalam penyusunan rancangan awal RPJMD harus ditemani dengan penyusunan Renstra dari OPD, supaya bersambung antara RPJMD dengan Renstra.

"Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah Rancangan Awal RPJMD harus melalui tahapan konsultasi publik, agar publik bisa memberikan masukan. Kalau itu harus merubah Renstra, BAPPEDA akan segera mengkonsultasikan itu kepada OPD. Setelah konsultasi publik, maka secara langsung akan dibicarakan dengan pimpinan DPRD untuk diambil kesepakatan bersama. Itu semua sudah merupakan tahapan yang sudah diatur oleh undang-undang maupun peraturan pemerintah," ungkapnya.

Wabup menjelaskan, bahwa rancangan awal setelah dikeluarkan kesepakatan oleh pimpinan DPRD, maka dapat dikonsultasikan dengan Gubernur Jawa Timur sampai selesai, sehingga muncullah evaluasi gubernur yang harus ditaati, supaya program kabupaten bisa bersinergi dengan Provinsi dan Pusat.

BACA JUGA : Air Terjun Sumber Telu Meneguhkan Pronojiwo Surganya Lumajang

Pada bagian akhir sambutannya, Wabup menyampaikan, "Selamat berdiskusi, berikan masukan kepada kepala BAPPEDA, supaya kepala BAPPEDA bisa menyempurnakan RPJMD," ujar Wabup. Dalam proses penyusunan tersebut,

Bappeda bermitra dengan akademisi Universitas Negeri Brawijaya, Malang, Dwi Budi Santoso, SE., Ph. D. (hms/ls/red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi