Content: / /

Pengerajin Batik Ismoyo Lumajang Raup Untung Puluhan Juta

Ekonomi

07 Desember 2018
Pengerajin Batik Ismoyo Lumajang Raup Untung Puluhan Juta

Pengerajin Batik Ismoyo Lumajangan. (foto indana)

Lumajang (lumajangsatu.com) - Batik tulis Ismoyo adalah salah satu ciri khas batik didaerah Lumajang. Nama Ismoyo diambil dari nama sang pemilik yaitu Bambang Ismoyo, ismoyo sendiri artinya pewayangan.

Jadi batik ini identik dengan motif wayang. Tempat memproduksi batik berada di Desa Bodang Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang.

Saat di temui tim Lumajangsatu.com sang pemilik juga menceritakan bahwa memproduksi batik ini merupakan keinginannya sejak lama. Begroundnya pun memang pernah sekolah membatik di Sidoarjo pada tahun 2009, setelah lulus dari pendidikannya barulah dia langsung membuka usaha di Lumajang tahun 2012.

"Tahun 2012 saya membuka usaha ini dan memberi pelatihan membatik untuk orang disekitar rumah, sekaligus membuka lapangan usaha buat ibu-ibu" . Ujar ismoyo pria 30 tahun itu.

Kini karyawannya sudah ada 26 orang, bukan hanya ibu-ibu saja melainkan remaja laki-laki pun ikut diberdayakan untuk bekerja.

"Disini ada basecamp khusus para remaja laki-laki yang bekerja di usaha kami mbak, jadi terpisah antara laki-laki dan perempuan" ujar dia.

Berawal dari sulitnya memilih batik yang menarik konsumen, dia kini mampu meraup omset puluhan juta rupiah lewat bisnis batik online.

"Dalam perbulan saya bisa mendapatkan omset Rp 25.000.000, maklum masih dikalangan Jawa timur peminatnya mbak" sambung dia.

Menurut ismoyo, ini bertolak belakang dengan karakter anak muda yang menyenangi sesuatu yang tidak biasa. Di situasi ini merupakan pasar potensial untuk batik digarap sekaligus dikembangkan . (ind/ls/red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi