Content: / /

Petani Sumberrejo Gelar Karapan Kerbau Awal Musim Tanam Lumajang

Wisata

19 September 2020
Petani  Sumberrejo Gelar Karapan Kerbau Awal Musim Tanam Lumajang

Tradisi Kerapan Kerbau Masyarakat Agraris Kabupaten Lumajang di Desa Sumberrejo Kecamatan Sukodono.

Sukodono - Para petani Lumajang khususnya Desa Sumberejo Kecamatan Sukodono memiliki tradisi tahunan gelar karapan Kerbau, yang di ikuti petani dari berbagai daerah di Lumajang, Sabtu (19/08/2020).

Ketua panitia karapan kerbau Mujiono mengungkapkan bahwa Kerapan Kerbau digelar selama 2 Hari, di ikuti 36 peserta dari berbagai wilayah di Lumajang.

"Nantinya dari 36 peserta diambil juaranya sebanyak 12, yang memperebutkan hadiah perabotan rumah tangga ada kulkas, televisi dan kipas angin,"ungkapnya saat ditemui Lumajangsatu.com di lokasi karapan Kerbau.

Karapan Kerbau tersebut digelar dilahan persawahan warga dengan kisaran luas 1 Hektar. 1 peserta memiliki 2 kerbau yang dipasangkan berjejer dengan menggunakan kayu yang dibentangkan di leher kerbau.

Mujiono mengungkapkan bahwa pendaftaran peserta dipungut biaya 150 ribu. "Yaa peserta banyak yang bermalam di lokasi lomba karena dua hari acaranya,"ungkapnya.

Salah satu peserta lomba Irwan mengungkapkan bahwa, kerbau yang di ikutkan lomba merupakan kerbau pilihan. "Tidak semua kerbau mampu berlari kencang, yang paham kerbau akan paham ciri-ciri kerbau istimewa. Dilihat dari fisiknya,"ungkapnya.

Irwan mengungkapkan bahwa kerbau yang di ikutkan lomba terlebih dahulu, di beri nutrisi. Dipersiapkan selama kurang lebih 1 minggu. "Kita kasih jamu mas, dari rempah-rempah sampai minuman yang menambah stamina,"ungkapnya.

Irwan menjelaskan bahwa kerapan kerbau memberikan kesan tersendiri buat para petani. "Ini merupakan rasa syukur kami, kebahagiaan dan hiburan kami. Saya sangat antusias dengan acara tahunan ini,"pungkasnya. (Oky/ls/red)

loading...

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi