Content: / /

Prasasti Pasrujembe Lumajang Berisi Pesan Bijak Menjaga Alam

Gaya Hidup

06 Juni 2020
Prasasti Pasrujembe Lumajang Berisi Pesan Bijak Menjaga Alam

Prasasti Pasrujambe koleksi di Museum Daerah Kabupaten Lumajang

Kedungjajang - Museun Daerah Lumajang di Kawasan Wonorejo Terpadu (KWT) menyimpan banyak koleksi peninggalan sejarah Lumajang. Salah satunya adalah prasasti Pasrujembe yang ditemukan di Dusun Munggir Kecamatan Pasrujamber.

Aries Purwantini, Arkeologi Dinas Pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Lumajang menyatakan salah satu prasasti Pasrujember berisi pesan bijak menjaga alam. Seorang tidak boleh menebang pohon untuk semedi atau pertapaan. Kegiatan baik saja tidak boleh menebang pohon, apalagi untuk kepentingan keserakahan manusia.

"Prasasti Pasrujember berisi pesan bijak menjaga alam dengan tidak menebang pohon," ujar Aries, Sabtu (06/06/2020).

Sejak jaman dahulu, manusia sudah diminta menjaga alam agar alam juga menjaga manusia. Banyaknya bencana seperti banjir, tanah longsor dan lainnya karena memang manusia sudah tidak lagai menjaga alam dan menebang pohon dengan serakah.

"Sejak dulu kita sudah diajarkan untuk tidak menebang pohon dengan sembarangan, menjaga alam untuk keberlangsungan umat manusia," terangnya.

Ada beberapa prasasti yang ditemukan di Pasrujembe dan satu prasasti asli disimpan di Museum Lumajang. Sedangkan lainnya berupa duplikat yang dibuat menyerupai prasasti aslinya dengan berbagai tulisan-tulisan kuno.(Yd/red)

loading...

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi