Content: / /

Pura Mandhara Giri Semeru Lumajang Makin Ramai Dikunjungi Wisatawan

Politik Dan Pemerintahan

09 September 2018
Pura Mandhara Giri Semeru Lumajang Makin Ramai Dikunjungi Wisatawan

Gerbang Pura Mandhara Giri Semeru Agung Senduro-Lumajang. Tempat ibadah umat Hindu dikaki Gunung Semeru, kian hari dipadati pengunjung. (foto by indana)

Senduro (lumajangsatu.com) - Keanekaragaman budaya, suku, dan agama yang ada di Desa Senduro Kabupaten Lumajang wujud sebuah persatuan bangsa.  Pura Mandhara Giri Semeru Agung tempat ibadah warga yang memeluk agama Hindu.

Pihak pengelola mengizinkan warga dari kalangan apapun untuk berkunjung ke tempat ibadah tersebut.  Rumah ibadah yang memiliki arsitektur menawan bisa dijadikan wisata religi. Warga yang datang kesana pun tidak hanya sekedar umat Hindu saja, melainkan juga masyarakat dengan agama lain.

Humas Pura Mandha Giri Semeru, Agung Astono (48) Warga Desa Kandangtepus mengatakan, biasanya pada saat akhir pekan tempat ibadah ini dipenuhi pengunjung. Pasalnya tidak hanya ukiran dan arsitektur ditempat tersebut yang menjadikan Indah, namun  ternyata pura ini mempunyai sejarah dan budaya Hindu yang kental.

Depan_Pura_Mandhara_Giri_Semeru

Pura tersebut merupakan tempat ibadah umat Hindu yang paling di sucikan. Sejak dahulu tempat ibadah ini memang kerap kali dikunjungi oleh masyarakat umum yang biasanya berfoto-foto.

"Bagi umat beragama hindu datang kesini untuk sembahyang, kalau pengunjung umum mayoritas hanya untuk berphoto selfie semata, setelah berphoto mereka pulang,dan ada pula yang bertanya tentang sejarahnya pura ini, itupun rata-rata yang bertanya tentang sejarah dari pelajar SMA " ujar dia.

Kunjungan wisatawan ramai dihari minggu bahkan mencapai 500 pengunjung. Kalau hari-hari besar seperti piodalan, galungan, Kuningan pengunjung dapat memadati pura tersebut dengan kisaran ribuan orang yang berdatangan.

Ditempat yang sama ismi (23) warga tukum yang sedang mengunjungi pura, mengaku sudah beberapa kali mendatangi tempat ini hanya untuk berphoto. Menurutnya keindahan karakteristik ukiran menjadi centra perhatian.

" Tempatnya bagus dan bersih saya senang berphoto disini, alamatnya jg mudah dicari lewat GPS" ujar dia. (ind/ls/red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi