Content: / /

Sangat Kaya, Lumajang Melimpah Potensi Gula Merah

Ekonomi

01 November 2016
Sangat Kaya, Lumajang Melimpah Potensi Gula Merah

Lumjang (lumajangsatu.com) - Kawasan Lumajang selatan memiliki potensi melimpah perkebunan kelapa yang dibuat gula merah (legen). bahkan, setiap hari bisa puluhan kilo gram yang dihasilkan oleh masing-masing petani gula merah yang ada di Candipuro dan Pasirian.

"Kalau produksi gula merah berada di wilyah selatan mas dan jumlah sangat banyak bisa mencapai puluhan ton produksinya," ujar Machmud Hadi, kepala Kantor Perkebunan Kabupaten Lumajang, Selasa (01/11/2016).

Namun, yang menjadi kendala adalah penjualan gula merah yang belum dikelola dengan baik. Para petani gula merah biasanya langsung menjual kepada tengkulak, sehingga harganya masih cukup murah.

"Seharusnya koperasi gula merah bisa dikembangkan di sentra penghasil gula merah agar kehidupan petani bisa semakin makmur," jelasnya.

Sedangkan populasi kepala paling banyak di wilayah utara yang djulal kelapa muda dan kelapa tuanya. "Kalau populasinya kealapanya ada di wilyah utara yang paling banyak, meski tidak ada kebuan kelapanya," pungkasnya.(Yd/red)

Seumber Foto Google

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi