Content: / /

Segera Direvitalisasi, Pasar Klojen Bakal jadi Pasar Ber-SNI Pertama di Lumajang

Ekonomi

26 Juni 2019
Segera Direvitalisasi, Pasar Klojen Bakal jadi Pasar Ber-SNI Pertama di Lumajang

Kondisi Pasar Klojen.

Lumajang (lumajangsatu.com) - Pasar Klojen diproyeksikan menjadi pasar pertama di Lumajang yang memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI).

Pasar kecil yang berada di kawasan kota itu, akan segera direvitalisasi tahun ini. Melalui APBD 2019, anggaran yang digelontorkan mencapai Rp 3 miliar.

Dengan menyesuaikan standar nasional yang ditetapkan, tentu akan banyak perubahan pada wajah pasar yang berada di Kelurahan Citrodingsan Kecamatan Lumajang itu.

Kenapa Pasar Klojen yang dipilih, Pihak Dinas Perdagangan (Dindag) Lumajang memberikan alasan, karena termasuk kategori pasar kecil. Sehingga untuk dilakukan revitalisasi menjadi pasar ber-SNI, tidak membutuhkan dana yang terlalu besar.

"Anggaran kita kecil, sementara yang kita tangani itu pasar-pasar kecil agar jadi ber-SNI. Kalau pasar besar kita kesulitan,” kata Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dindag Lumajang Yudi Prasetyo.

Revitalisasi menuju pasar ber-SNI ini sesuai dengan tuntutan dari Kementerian Perdagangan. Tiap daerah wajib memiliki pasar yang ber-SNI.

Menurut dia, pasar ber-SNI itu harus memiliki banyak fasilitas tambahan untuk menunjang kegiatan jual-beli di pasar. Guna memberikan kenyamanan pada pedagang dan pembeli lebih maksimal lagi.

“Persyaratannya banyak. Diantaranya harus ada ruang pendingin, ruang laktasi (menyusui), MCK (Mandi, Cuci, dan Kakus),” ucap dia.

Selain Pasar Klojen, masih kata Yudi, ada pasar lainnya yang juga diproyeksikan jadi pasar ber-SNI. Yakni Pasar Sukodono dan Pasar Randuagung. "Namun untuk tahun Pasar Klojen dulu," katanya.

Sedangkan untuk pasar besar, seperti Pasar Baru, Pasar Pasirian, Pasar Klakah, hingga Pasar Tempeh, akan lebih difungsikan lebih maksimal lagi sebagai pasar induk.

“Nanti penataannya buat semaksimal mungkin untuk pedagang dan pembeli,” ujar Yudi.

Di tahun yang sama, ada 3 pasar di Lumajang yang juga akan dibenahi. Yakni Pasar Pronojiwo, Pasar Krai, dan juga Pasar Klakah.(nr/ls/red)

loading...

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi