Content: / /

Sehatkan Usus dengan Rutin Minum Jus Buah Kaya Serat

Pendidikan Dan Kesehatan

04 Februari 2019
Sehatkan Usus dengan Rutin Minum Jus Buah Kaya Serat

Jus buah kaya akan kandungan serat.

Lumajang (Lumajangsatu.com)- Kanker usus merupakan penyakit saluran pencernaan yang serius. Penyakit ini bisa dihindari dengan menjaga usus tetap sehat.

Kabar duka datang dari Ustaz Maulana yang baru saja kehilangan mendiang sang istri, Nuraliyah Ibnu Hajar, setelah berjuang dengan kanker usus yang dideritanya.

Kanker usus sendiri terjadi karena adanya pertumbuhan sel abnormal yang memenuhi rongga usus. Biasanya gejalanya dimulai dari gangguan pencernaan, seperti perut kembung, Buang Air Besar Berdarah (BAB), hingga sakit di bagian perut.

Dilansir dari MSN, ada 6 racikan jus buah yang bisa sehatkan usus. Jus buah ini tinggi kandungan serat sehingga baik dikonsumsi rutin.

1. Jus pir

Buah pir memiliki rasa yang manis dan segar, bisa diolah menjadi jus dan mudah untuk dibuat. Apalagi buah pir mengandung 50% serat lebih tinggi dari buah apel, dan kandungan vitamin B yang tinggi. Vitamin B sendiri sering dikaitkan dapat menurunkan risiko kanker usus terhadap wanita.

2. Strawberry


Selain populer menjadi aneka topping kue dan minuman, rutin meminum jus buah strawberry segar juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Buah jenis merah umumnya memiliki tingkat serat yang tinggi, sekaligus menambah asupan resveratrol dalam tubuh. Resveratrol dikenal dapat membunuh sel kanker, tanpa merusak sel sehat dalam tubuh.

3. Apel


Buah apel dapat menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, serta menurunkan risiko terserang kanker. Apel merah dikemas dengan resveratrol, yang berguna untuk membakar lemak berlebih di perut, sekaligus membasmi sel-sel kanker. Bahkan menurut sebuah studi dari World Journal of Gastroenterology, buah apel dapat melawan jenis kanker usus yang spesifik.

4. Kiwi


Buah kiwi memiliki banyak nutrisi sehat untuk tubuh. Apalagi jika disulap menjadi jus segar. Buah ini kaya akan serat, dan memiliki jumlah vitamin C yang lebih banyak dari buah jeruk. Selain itu buah ini dapat membantu mengurangi risiko terserang kanker usus, karena kandungan seratnya dapat membantu membasmi bakteri dalam usus, yang menyebabkan tumbuhnya sel kanker.


5. Jus jeruk


Paling mudah ditemui di berbagai restoran hingga penjual kaki lima. Rasanya yang manis, asam, dan segar membuat jus jeruk menjadi minuman yang digemari banyak orang. Rutin meminum jus jeruk dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker usus. Para peneliti di Weill Medical Center menemukan asupan vitamin C dosis tinggi dari buah jeruk bisa melemahkan pertumbuhan tumor kolorektal pada tikus yang diteliti. (Ind/red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi