Content: / /

Sering Menang Kontes, Harga Kambing Etawa Senduro Mulai Mahal

Gaya Hidup

21 April 2018
Sering Menang Kontes, Harga Kambing Etawa Senduro Mulai Mahal

Kambing Etawa Senduro menang kontes Bupati Cup Purbalingga

Lumajang (lumajangsatu.com) - Paguyuban kambing Lumajang terus melakukan upaya untuk mengangkat kambaing Etawa Senduro. Salah satunya dengan mengembangkan dari sisi seninya, dengan sering ikut kontes tingkat nasional.

Bahrul Rozi, ketua paguyuban kambaing Lumajang menyatkan, meski sama sudah jadi icon Jawa Timur, namun kambing Etawa Senduro masih kalah bersaing dengan PE Jawa tengah. Oleh sebab itu, saat ini para peternak kambing Etawa Senduro sedang rajin mengukti kontes luar daerah.

Agar bisa mendongkrak daya jual kambing, maka tidak hanya bisa mengandalkan susunya atau dagingnya. Namun, juga harus dikembangkan agar para peternak ikut kontes sehingga harga kambing Etawa bisa semakain mahal.

"Kambing Etawa kalah dengan kambing PE (Peranakan Etawa) Jawa Tengah mas, karana Etawa Senduro hanya fokus pada pada dua, yakni susu dan daginya, sedangkan dari sisi seninya belum digarap," jelas Kepala Desa Wonorejo itu.

Dalam kontes kambing tingkat nasional yang digelar di lapangan gor Lumajang, ada satu ekor kambing laku 63 juta rupiah. Bahkan, ada kambing yang masih kecil laku 17 juta, sehingga membuat para peternak semakin bersemangat untuk memelihara kambing kontes.

"Kemarin itu, ada kambing yang laku dengan harga 63 juta, ada juga anakan kambing laku 17 juta. Dengan sering menggelar kontes ini, maka para peternak kita akan semakin bersemangat," pungkasnya.

Kambing Etawa Senduro juga meraih juara pertama saat mengikuti kontes kambing Piala Bupati Cup Purbalingga Open 2018. (Yd/red)

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi